ITS News

Minggu, 25 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

Seminar Nasional Kimia V Yang Me-nasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jurusan Kimia FMIPA ITS, kemarin (26/8),kembali menggelar Seminar Nasional Kimia (Senaki), bertempat di Ruang sidang Teknik Sipil, ITS. Untuk kali kelima, Senaki ini, diikuti oleh pakar-pakar kimia, antara lain dosen dan peneliti.

Yang perlu dicermati di sini, minimnya partisipasi mahasiswa sebagai peserta dalam seminar ini. Bisa jadi biaya pendaftaran yang cukup mahal menjadi alasan keterbatasan mahasiswa berperan dalam seminar ini. Menurut Sri Fatmawati, yang merupakan sie acara Senaki V, biaya pendaftaran untuk peserta dari institusi (dosen, red) dan lembaga penelitian sebesar 300 ribu. "Sedangkan mahasiswa dikenai biaya pendaftaran separuhnya," terang Dosen Jurusan Kimia ini.

Namun, dibalik itu, Senaki V telah diakui secara nasional. Itu diperkuat dengan adanya peserta dari luar Surabaya, seperti dari Bandung, Lampung, sampai dengan Manokwari, Irian Jaya. "Ini membuktikan, Senaki telah diakui secara nasional," tegas ketua panitia Senaki V, Dr. Taslim Ersam.

Disamping peserta yang berasal dari seluruh Indonesia, yang berarti adanya peningkatan kuantitas, kualitas dari Senaki V masih sulit diukur. "Untuk kualitas memang masih sulit," ungkap dosen Jurusan Kimia ini. Sebab, dari sekian banyak makalah yang masuk, baik bentuk poster maupun essay, masih belum terfokus dalam penjelasannya. Namun umumnya, dari segi topik, tiap-tiap makalah ada peningkatan yang berarti. Itu bisa dilihat dari makin beragamnya, hasil penelitian yang dipresentasikan puluhan peserta seminar ini.

Sayang, meski telah ada pengakuan nasional, seminar tahunan kimia, ITS ini, belum mampu menarik minat industri untuk bergabung di dalamnya. Industri belum terlibat secara mendalam pada seminar ini. Hal ini, terlihat dari perbandingan antara peserta dari sitivas akademik dengan industri yang masih terlalu jauh. "Dari kita, inginnya antara dosen, peneliti dan industri masing-masing sepertiganyalah," terang pria separuh baya yang ramah ini. Karena itu, Himpunan Kimia Indonesia (HKI), dilibatkan dalam Senaki kali ini. Bisa jadi, dengan dilibatkannya HKI yang banyak beranggotakan golongan industri, Senaki selanjutnya akan lebih bergairah.

Masih di tempat yang sama, Taslim menjelaskan penyelenggaraan Senaki V kali ini bertepatan dengan peringatan dua dasawarsa Kimia, ITS. "Seminar ini adalah salah satu bentuk perayaannya," terangnya. Karena ternyata, disamping Senaki V, ada enam kegiatan lain yang dilakukan oleh Kimia, ITS, antara lain Olimpiade Kimia dan bakti sosial.(rin/bch)

Berita Terkait