ITS News

Selasa, 07 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Seminar AMI : Ungkap Kesuksesan PT Aneka Tambang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Satu lagi acara tingkat nasional digelar ITS. Konvensi III Dan Forum Komunikasi Hasil Penelitian Manajemen digelar Akademi Manajemen Indonesia (AMI) bekerja sama dengan Teknik Industri ITS. Selama sehari kemarin (19/10) sebanyak 40 peserta membahas tentang Good Corporate Governance di Indonesia.

Sebagian peserta merupakan akademisi dan pratisi yang sudah malang melintang di bidang manajemen. "Acara ini digelar untuk meningkatkan daya saing industri Indonesia, " terang Dr. Moses L. Singgih, Msc, Ketua AMI.

Good Corporate Governance merupakan istilah bagi sebuah pengelolaan yang baik terhadap sebuah perusahaan. Tanggung jawab pengelolaan terletak pada manajemen tingkat tinggi. Baik buruknya citra perusahaan ditentukan kemampuan perusahaan tersebut menciptakan pengelolaan yang baik. "Yang menilai itu masyarakat melalui lembaga independen, " kata Dahar Siregar, Corporate Secretary PT Aneka Tambang Indonesia.

Seperti diketahui, PT Aneka Tambang (Antam), dinobatkan sebagai BUMN terbaik 2002. Menyingkirkan puluhan BUMN lainnya, termasuk PT Telkom Indonesia. Tak hanya di tingkat nasional pengakuan di tingkat Asia juga diperolehnya. PT Aneka Tambang masuk dalam 50 perusahaan terbaik Asia oleh majalah Finance Asia. "Sebenarnya itu merupakan usaha seluruh pihak termasuk juga semua karyawan kami, " papar laki-laki dengan logat khas Sumatera Utara.

Dengan prestasi tersebut, Dahar mengakui citra perusahaan menjadi terangkat. Tidak hanya tingkat nasional tapi juga tingkat internasional. "Kami juga terdaftar di bursa efek Australia. Padahal perusahaan nasional yang terdaftar di sana sangat sedikit, " imbuh pria bertubuh subur ini.

Semua hal itu didasarkan Good Corporate Governance. Perusahaan tidak hanya saja mengejar profit namun juga kepercayaan, keadilan, keterbukaan. "Hal inilah yang menarik investasi dari luar, " papar Roes Aryawijaya, Deputi Bidang Usaha PISET Kementrian BUMN.

Selain mengadakan seminar, juga diselenggarakan hasil penelitian di bidang manajemen dan teknik industri. AMI merupakan organisasi yang mengkaji secara mendalam perkembangan manajemen di Indonesia. Organisasi ini dibentuk oleh para dosen Teknik Industri di Indonesia untuk mengembangkan manajemen itu sendiri. (ryo/har)

Berita Terkait