ITS News

Selasa, 28 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Sekilas tentang SSEAYP

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ITS kehilangan tamu penting karena kejadian tawuran kemarin. Menurut rencana sebelumnya ITS akan mendapat kunjungan dari SSEAYP tanggal 16 Oktober mendatang, akan tetapi kemarin rencana tersebut terpaksa dibatalkan tanpa ada alasan yang jelas.

SSEAYP itu sendiri adalah singkatan dari Ship of South East Asian Youth-Program, yang merupakan nama dari sebuah kapal milik pemerintahan Jepang. Selanjutnya Jepang mengadakan kerjasama dengan 10 negara ASEAN, diantaranya Filipina, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Laos dan Indonesia sendiri. Dari sebelas negara tersebut kemudian mengirimkan 30 perwakilan mahasiswanya untuk berlayar bersama mengarungi wilayah Asia dan singgah di negara-negara yang berpartisipasi dalam SSEAYP itu sendiri.

Mereka akan berlayar selama 3 bulan, dan rencana semula mereka akan mengunjungi Surabaya sebagai perwakilan Indonesia, karena selama di Indonesia SSEAYP hanya singgah di Surabaya saja selama 3 hari. ITS sendiri sebelumnya merupakan satu-satunya perguruan tinggi dari sekian banyak perguruan tinggi negeri dan swasta di Surabaya atau bahkan di Indonesia yang diberi kepercayaan untuk menyambut kunjungan dari SSEAYP tahun ini.

Kunjungan SSEAYP itu sendiri membawa misi "peace and solidarity", karena dari masing-masing negara mempunyai banyak kesamaan, baik itu dari letak geografisnya, latar belakang kebudayaan, ras dan sebagainya. Oleh sebab itulah SSEAYP itu berlayar dan singgah di masing-masing negara yang berpartisipasi tersebut dengan harapan dapat mengenal kebudayaan masing-masing negara ASEAN, disamping itu yang lebih utama mempererat persaudaraan antar negara-negara serumpun. (yudi)

Berita Terkait