ITS News

Kamis, 07 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Satu lagi anak ITS melalang buana ke Jepang

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Satu kebanggaan lagi buat ITS, Riza Sugandi Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro terpilih untuk mengikuti pertukaran pelajar yang diadakan oleh Japan Airline (JAL) Mahasiswa yang bercita-cita menyelesaikan kuliah dalam 5 tahun ini berhasil menjadi salah satu kandidat dari 3 kandidat yang akan dikirim ke Jepang. Perlu digarisbawahi bahwa peserta lomba ini berasal dari seluruh Indonesia.

Mahasiswa yang sempat mengenyam pendidikan di SDN Kalinsungkut, SMP 1 Surabaya, SMA V Surabaya mengakui bahwa dia mengikuti beasiswa ini hanya sekedar ikut saja. Perlu diketahui bahwa dalam mengikuti penyaringan dilakukan 2 macam, untuk penyaringan pertama mahasiswa diharapkan mempunyai IPK 2.8 dan membuat karangan dalam bahasa Jepang. Dan untuk penyaringan kedua, mahasiswa yang berpenampilan santai ini dan kesembilan peserta lain diminta untuk menjawab pertanyaan,wawancara,yang semuanya dilakukan dalam bahasa Jepang,dan tes IQ..
" Mengenai karangan aku harus berterima kasih kepada Kondo Sensei ( Sensei ) dosen UNESA yang sekaligus pengajar di ASBBJ ( Asosiasi Studi Bahasa dan Budaya jepang ) karena beliaulah yang mengkoreksi karanganku " ujar mahasiswa yang akan berangkat ke Jepang pada tanggal 18 July sampai 22 Agustus 2003.

Sebenarmya tidak kaget lagi kalau arek Surabaya ini bisa mendapat kehormatan pertukaran pelajar selama I bulan lamanya di Jepang. Rupanya mahasiswa dengan ipk terakhir 3.04 ini pernah tinggal di Jepang selama 8 tahun ( sejak tahun 1983-1992 ) mengikuti sang ayah,yang waktu itu sedang mengenyam pendidikan S2 dan S3. Jadi, Mahasiswa yang belum memikirkan TA ini dapat memenuhi syarat perlombaan dengan mudah.

Mahasiswa angkatan 2000 ini mengaku untuk mengikuti lomba ini tidak mempunyai persiapan khusus. " Tetapi setelah terpilih, saya diminta untuk mempelajari Tari Kreasi baru yaitu Tari Pejuang, untuk diperlihatkan disana. Namanya juga pertukaran budaya……," tambahnya. Bila ditanya tentang motivasi, Mahasiswa yang mengaku selalu belajar personal ini bingung untuk menjawab. "Sebenarnya saya mengikuti lomba ini sekedar iseng, eh rupanya masuk ya… saya ikutin aja. Lumayanlah dapat pengalaman, " aku mahasiswa yang menginjak semester 6 ini.(m3/lin)

Berita Terkait