ITS News

Jumat, 27 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Sannet III : Memasyarakatkan Teknologi Internet kepada Ummat.

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Setelah 2 kali tiap minggu lalu materi tentang internet, maka minggu kemarin diisi dengan materi web desain. Dimulai pukul delapan pagi sampai kurang lebih pukul lima sore, yang dibagi dalam 2 shift (kelas). Pesantren Internet atau yang sering disebut dengan Sannet ini adalah kegiatan tahunan dari SITC (Studi Islam Teknik Computer) yang mulai dua tahun lalu diadakan oleh mahasiswa Teknik Informatika ITS.

Tema yang diambil untuk sannet kali ini adalah "Untuk memasyarakatkan teknologi internet kepada ummat dalam menghadapi era millennium ketiga". Memang sesuai dengan ide awal terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang teknologi internet tersebut. Kegiatan ini berlangsung di Gedung PIKTI Jurusan Teknik Informatika lantai 3.

Seperti sannet sebelumnya, kegiatan ini dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama yaitu Pelatihan Internet yang telah terlaksana tanggal 29-30 Nopember yang lalu. Pada bagian yang pertama ini diberikan materi global tentang internet, mulai dari browsing, email, chatting sampai dengan cara melakukan download. Untuk masa sekarang ini internet sudah mulai dikenal di kalangan masyarakat. Mungkin karena itulah peserta pelatihan internet kemarin tidak terlalu banyak. Pada bagian kedua yaitu pelatihan web desain, diberikan materi tentang pembuatan desain web dengan menggunakan adobe photoshop, dreamweaver, flash dan juga tentang hosting. Sistem pengajaran dilaksanakan dengan seorang tutor dan beberapa asisten yang membantu peserta jika mengalami kesulitan.

Pelaksanaan kegiatan sannet kali ini cukup berhasil. Walaupun pesertanya tidak terlalu banyak, tetapi sudah mencapai target yang diinginkan. (Ann)

Berita Terkait