ITS News

Minggu, 26 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Sambut Nyepi TPKH ITS adakan Dharmatula

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Jika ada anggapan masyarakat Hindu ITS sepi-sepi saja menyambut hari raya Nyepi nanti, pastilah anggapan itu keliru. Hari ini (29/03) ratusan masyrakat Hindu berkumpul ramai mengikuti Dharmatula (diskusi agama) yang diadakan TPKH (Tim Pembina Kerohanian Hindu) ITS.

Dharmatula kali ini mengangkat tema "Hindu, Antara Cara Hidup & Doktrin Budaya". Pembicaranya pun berkelas yakni, Ida Pedanda Made Gunung, dan Gusti Made Ngurah. Kedua pembicara tersebut berasal dari Bali.

"Hindu, walaupun agama minoritas di indonesia namun tetap pula mengikuti kaidah lokal Indonesia, " terang Gusti Made Ngurah, Kakanwil Dep. Agama Propinsi Bali.

"Hindu sendiri merupakan agama yang sangat khas di Indonesia. Walaupun begitu Hindu juga sudah mulai melekat dengan adat lokal. Makanya kami mengambil tema itu," terangnya lagi I Gusti Ngurah Rai Dharma Widura menjelaskan.

Dharmatula sendiri, papar Rai, sebenarnya diadakan rutin secara mingguan. Namun karena ada momen besar perayaan hari Nyepi, diadakanlah Dharmatula besar-besaran. "Kami mengundang seluruh mahasiswa Hindu Surabaya. bahkan beberapa peserta dari AAL juga turut hadir," tambah I Made Maharta Ari Susanta, Ketua Pelaksana.

Mengenai pelaksaaan ibadah Nyepi, keduanya sepakat, hal itu agak sulit dilakukan di sini. Utamanya karena faktor lingkungan, walaupun begitu, keduanya yakin prosesi Nyepi masih bisa dilakukan. "Paling tidak bisa di dalam kamar kost," imbuh Ari Susanta.

TPKH merupakan wadah keagamaan yang disediakan ITS bagi pemeluk Hindu. Anggotanya saat ini tercatat hampir 300 orang. Hal itu belum termasuk 31 dosen ITS yang juga merupakan pembina dari TPKH. (ryo/li)

Berita Terkait