ITS News

Minggu, 07 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Saatnya Bermimpi Untuk Sukses

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Siapa yang tak ingin meraih kesuksesan?!! Semua orang pasti menginginkannya. Langkah mudah yang mampu membawa kita ke gerbang kesuksesan adalah dengan bermimpi. Karena membangun impian untuk sukses merupakan cikal bakal dari kesuksesan yang nantinya mampu kita raih.

Menurut Akhmad Guntar SKom, pembicara dalam Smart Personal Development Training 2004, Teknik Lingkungan, ITS, impian memang harus dimiliki oleh orang yang mempunyai keinginan, salah satunya keinginan untuk sukses. "Dengan punya impian, kita akan terpacu untuk mewujudkannya," jelas pria berkacamata ini.

Ini dikarenakan impian mempunyai hubungan erat dengan emosional kita. Secara tidak langsung, impian memegang kendali kehidupan pribadi. Dalam impian terdapat desiran emosi sebagi pendorong tingkah laku kita nantinya. Sehingga impian yang diangankan harus bisa dilihat, dibayangkan ataupun tergambarkan dalam benak kita. "Dengan begitu, kita punya gambaran, kemana hendak melangkah untuk mewujudkan impian tersebut," ujar Guntar.

Nilai impian sebagai pendorong sukses akan bertambah jika impian itu telah dibagi dengan orang lain. Mau tak mau kita akan merasa mempunyai beban untuk membuktikan kepada orang-orang tersebut bahwa kita mampu dan bisa meraih apa yang kita inginkan. "Karena itu, kita semua yang disini jangan malu untuk berbagi impian dengan kawan kita," terangnya kepada empat puluhan peserta training yang berlangsung selama tiga hari ini (3-5 Desember). Selain itu, dari berbagi dengan orang lain, siapa tahu akan ada masukkan yang bermanfaat dari mereka. "Masukan itu bisa saja berupa informasi, relasi dan sebagainya," ujar alumnus Teknik Informatika ini.

Selain impian, ketepatan waktu dalam pencapaian impian juga berpengaruh dalam kesuksesan seseorang. Misalnya kita bermimpi punya mobil, namun ternyata belum punya rumah. "Masa kita harus tinggal di kost-kostan terus," ujar Guntar yang tak pelak membuat peserta tersenyum simpul. Karena itu, pemilihan waktu mewujudkan impian harus memperhatikan faktor-faktor lain, seperti kondisi lingkungan dan sosial ekonomi. Dengan demikian, kita mampu meraih kesuksesan yang kita impikan.
(rin/bch)

Berita Terkait