ITS News

Minggu, 04 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Rumah Dosen ITS Terbakar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

JP SURABAYA – Tidak ada satupun barang yang tersisa. Semuanya ludes jadi arang. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Satu-satunya saksi mata yang dimintai keterangan polisi adalah Sutikno, satpam setempat. Pria 37 tahun itu mengatakan, kebakaran diperkirakan terjadi pada pukul 05.45 dan api berasal dari salah satu kamar belakang. Api baru bisa dipadamkan sejam kemudian oleh lima unit mobil PMK.

Menurut ceritanya, pagi itu, seperti biasanya ia berpatroli mengelilingi komplek perumahan Manyar Kartika. Begitu melintas di depan rumah Hadi, Sutikno melihat ada kobaran api dari ruang bagian belakang. "Saya perkirakan dari kamar belakang," katanya.

Tahu rumah itu dalam keadaan kosong, dia langsung melompat masuk dan berniat memadamkan api. Namun nahas. Karena, ketika dia berhasil mendobrak pintu, api yang sudah menyala hebat itu berembus ke arahnya. Dia pun panik dan kembali ke luar rumah. Sejurus kemudian api dengan mudahnya melumat bangunan beserta isinya tersebut.

Di dalam rumah itu ada mebeler, mesin cuci, satu unit komputer, TV, tape, serta seluruh pakaian. Tidak itu saja, brangkas kecil ukuran 30 x 10 centimeter serta tempat perhiasan juga hangus. Belum jelas apakah di dalam brangkas itu ada uangnya atau tidak. "Isinya belum tahu karena belum dibuka dan kita titipkan kepada saudaranya. Kalau tempat perhiasan itu memang masih ada perhiasannya yang sudah gosong," jelas Kapolsekta Sukolilo AKP Heru Purnomo.

Dugaan kebakaran ini karena korsleting listrik sangat kuat. "Sebab, lampu rumah itu menyala terus," sambung Heru. Sementara itu, Sri Eko, salah seorang kerabat pemilik rumah mengatakan, sudah tiga bulan ini penghuni rumah berada di Lombok karena ada tugas. "Kita belum tahu kapan ia kembali. Kalau mau pulang, biasanya, ia langsung telepon," kata Eko. (sup)

Berita Terkait