ITS News

Sabtu, 03 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Robot itu Sederhana

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebuah robot kecil bergerak melalui garis putih yang dibuat berbelok. Garis putih dibuat menyerupai area melingkar, sehingga robot yang mirip mobil-mobilan ini berputar melalui jalur ini. Nama robot ini adalah robot date line. Selain itu juga ada juga robot Siro dan Tingso

Makrus, salah seorang anggota tim Ellite, menjelaskan prinsip dari robot ini sederhana. Infrah merah dipantulkan pada garis putih kemudian di tangkap oleh sensor. Dari sensor inilah kemudian bisa untuk bergerak maju mundur. "Ini sebenarnya menggunakan prinsip fisika pemantulan,"jelasnya saat pertunjukan aksi robot di area Pimits ke-6, kemarin senin (24/2)

Untuk robot Siro, robot yang berbentuk lebih besar daripada robot date line menggunakan prinsip yang sama tetapi memiliki kemampuan untuk memasukan bola pada dua lubang yang berbeda. Tapi, karena kendala teknik maka robot ini tidak dapat bergerak sesuai dengan jalur yang telah di tentukan. "Robot ini sebenarnya berbelok untuk memasukan pada lubang pertama, kemudian berjalan lurus untuk memasukan bola pada lubang kedua,"jelas mahasiswa politeknik elektro ini

Sedangkan untuk robot Tingso, tidak bergerak seperti robot date line maupun Tingso. Melainkan menabrakkan robot itu pada lubang bola. Sehingga dengan menggunkan timer motor akan berhenti. "Biasanya ini dilakukan pada pertandingan robot,"katanya dengan menunjukkan dimana letak timer itu di pasang.

Penampilan mereka meski kurang memuaskan bagi pengunjung Pimits. Tapi mereka berhak untuk mendapatkan penghargaan karena mereka pada tahun lalu yang menjadi wakil Indonesia dalam kancah Pertandingan Robot tingkat dunia di Jepang. Meski mereka harus kalah dengan tim dari Malaysia.(rom)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > Robot itu Sederhana