ITS News

Selasa, 23 April 2024
15 Maret 2005, 12:03

Rektorat ITS Diancam Bom, Dua Lokakarya Terpaksa Pindah Tempat

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dua lokakarya itu masing-masing Lokakarya Peningkatan Kapasitas Aparat Pemda dan di Luar Aparat Pemda Dalam Pelaksanaan Isu Program Bangun Praja yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Puslit KLH ITS yang diadakan di lantai 2, dan Lokakarya dan Pertemuan MIPA-Net se-Indonesia di lantai 3.

Menurut catatan, ancaman bom terhadap ITS selama ini sudah terjadi sebanyak empat kali, sehingga ancaman bom itu pun tidak membuat panik mereka yang berada di lokasi. Satu persatu peserta lokakarya diminta untuk keluar gedung untuk dilakukan penyisiran oleh Tim Gegana Polda Jatim, dan karena upaya penyisiran cukup lama, maka diputuskan kegiatan lokakarya dipindahkan sementara.

Ancaman bom itu awalnya diterima oleh seorang operator telepon, Sugeng Joko pada pukul 09.50 menit. "Waktu itu saya menerima telepon dari seorang laki-laki yang terdengar agak tua dan mengatakan kalau kampus ITS pada pukul 12.00 akan diledakkan. Saat itu saya tidak melakukan apa-apa karena saya pikir ada orang iseng, tapi kemudian selang lima menit, orang yang sama kembali menelepon dengan ancaman serupa dan menambahkan yang akan diledakkan gedung Rektorat dan Graha ITS," katanya.
Menerima dua kali ancaman itu, kata Sugeng menambahkan, ia kemudian memberitahukan kepala biro atas pesan terror bom itu, kemudian sesuai standar dilakukan koordinasi dengan Tim Gegana Polda Jatim. Tampak hadir memantau penyisiran di lapangan Kapolres Surabaya Timur dan Kapolsek Sukolilo.

Setelah sekitar satu jam dilakukan penyisiran gedung dinyatakan seteril dan aman. "Tadinya saya tidak berniat melaporkan adanya ancaman itu, tapi saya takut kalau ada apa-apa saya yang disalahkan, akhirnya saya putuskan untuk meneruskan ancaman bom itu ke atasan," kata Sugeng.

Penyisiran yang sama juga dilakukan terhadap Gedung Graha ITS yang pada saat ancaman itu disampaikan sedang digunakan untuk kegiatan Wisuda Program Pendidikan Satu Tahun Community College Teknologi Informasi. Hasilnya pun nihil, ancaman bom itu ternyata hanya bentuk teror dari orang-orang yang tak bertanggungjawab. (Humas/bch)

Berita Terkait