ITS News

Sabtu, 25 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Rektor ITS Terima Award dari JICA

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hari ini Rektor ITS secara resmi menerima penghargaan JICA Recognition Award dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Mr. Katto Keiichi, Resident Representative JICA, diruang Senat ITS. Disampaikan oleh Pembantu Rektor III ITS, DR. Achmad Jazidie, M. Eng, bahwa Rektor ITS termasuk satu dari 23 perorangan yang mendapat award tersebut. "Ada 23 orang dan 12 organisasi yang mendapat award tersebut. Dan dari 23 orang itu, 21 diantaranya adalah orang Jepang sendiri, award satunya lagi diberikan kepada penasihat Presiden Filipina," terang Jazidie.

Dalam sambutan singkatnya, Mr. Katto Keiichi menyampaikan, Rektor ITS pantas untuk menerima JICA Recognition Award tahun ini. "Sejak dimulainya proyek PENS, DR. Mohammad Nuh telah banyak memberikan kontribusi dalam meningkatkan sumber daya manusia untuk industri di Indonesia dalam kerja sama dengan pihak JICA," kata Katto Keiichi. "Nuh telah memberikan pelatihan-pelatihan bidang elektronik tidak hanya di Indonesia tapi juga di negara lain di Asia dan Afrika," tambah Keiichi.

Alasan lain terpilihnya Nuh sebagai penerima JICA Recognition Award adalah keberhasilannya dalam programnya untuk pengembangan pendidikan elektronik di politeknik Surabaya yang dikenal dengan Strengthening of Polytechnic in Electric Related Technology Project(SPERT Project). Keberhasilan kontingen PENS-ITS dalam memenangkan kontes robot 2001 lalu menunjukkan bahwa PENS-ITS juga mampu mencetak mahasiswa-mahasiswa yang siap bersaing. Hal itu juga menjadi alasan untuk memberikan penghargaan tersebut kepada mantan Direktur PENS-ITS ini.

Rektor ITS, DR Ir H M Nuh DEA, mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada rekan-rekan di PENS-ITS karena keberhasilannya membangun kerja sama dengan JICA terutama saat dia menjabat sebagai Direktur PENS-ITS. "Selain itu, saya juga berterima kasih kepada ITS, karena PENS-ITS sebagai anak kandung ITS merupakan bagian yang tak terpisahkan," kata Nuh.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Rektor ITS, kerja sama dengan JICA akan terus berlanjut dengan diajukannya proyek baru ITS kepada JICA yaitu Information and Communication Technology (ICT) development project. "Proyek ICT itu telah kami ajukan kepada pihak JICA dan nampaknya mendapat sambutan baik," ujar Jazidie.(sept/li)

Berita Terkait