ITS News

Selasa, 05 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Rektor ITS :"Hari ini, sebagai simbol kebesaran Bangsa&quot

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dalam memeringati hari Kemerdekan Indonesia ke-57, kampus ITS memeriahkan dengan pemasangan spanduk dan umbul-umbul di pintu masuk, serta pemasangan bendera di beberapa tempat di dalam kampus.

Disamping itu, juga diadakan upacara bendera dengan inspektur upacara Rektor ITS, Prof.Ir. Soegiono, yang diikuti oleh segenap elemen mahasiswa (BEM, Himpunan Mahasiswa, dan beberapa organisasi kemahasiswa yang lainnya), karyawan, dan dosen.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus itu, berlangsung dengan khidmat. Meski ada beberapa hal yang menjadikan suasana gaduh. Pasalnya, ketika bendera sudah mencapai puncak tiang, alunan lagu Indonesia Raya masih dinyanyikan. Padahal ketika bendera sudah mencapai puncak tiang nyanyian Indonesia Raya telah selesai.

Namun, kejadian itu tak mengurangi makna hari terpenting dalam sejarah bangsa Indonesia. Menurut Rektor ITS, Prof.Ir. Soegiono, upacara seperti ini merupakan sebagai tolok ukur dari penghormatan rakyak Indonesia terhadap bangsanya. "Bayangkan saja, Amerika sebagai negera maju saja, masih melakukan ritual seperti ini. Apalagi kita sebagai negera berkembang," ungkapnya.

Lantas, seberapa penting hari kemerdekan ini bagi bangsa Indonesia ? "Hari ini (Hari kemerdekan RI,red), merupakan simbol kebesaran bangsa Indonesia," tambahnya. Karena kalau tidak ada hari ini, maka tidak akan bangsa Indonesia seperti sekarang.

Oleh karenanya, ITS mempunyai kebijaksanan untuk melaksanakan upacara bendera setiap tanggal 2 Mei (Hardiknas), 17 Agustus (HUT RI), dan 10 Nopember (Hari Pahlawan). Sehingga pada hari-hari seperti itu, tidak hanya melibatkan organisasi mahasiswa saja, melainkan semua mahasiswa ITS wajib untuk mengikutinya. "Saya berharap semua mahasiswa untuk dapat mengikutinya, terlepas dari organisasi apa pun"Harapan beliau untuk para mahasiswa ITS. (rom/li)

Berita Terkait