ITS News

Rabu, 05 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

rekrutmen, peserta kecele

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk meningkatkan kinerja dari ITS Online kedepan. Redaksi ITS Online mengadakan rekrutmen bagi mahasiswa ITS untuk menjadi jurnalis.

Dan hasilnya sungguh luar biasa. Para mahasiswa yang mendaftar cukup banyak, sekitar 54 mahasiswa. Mereka terdiri dari mahasiswa dari seluruh jurusan di ITS. Bahkan, ada dari mahasiswa jurusan ekstensi atau politeknik. Padahal pada rekruitmen yang pernah diadakan sebelumnya yang daftar sekitar 30 mahasiswa

Ini menunjukkan kalau ITS Online sudah mulai dikenal oleh kalangan civitas akademika. Oleh karenanya, untuk kedepan ITS Online dapat benar-benar menjadi salah satu media informasi bagi kalangan akademisi sendiri maupun dengan masyarakat.

Meski media ini cukup baru.Tapi, tak tertutup kemungkinan tujuan tersebut akan tercapai. Apalagi keberadan dari ITS sebagai kampus teknologi di kawasan Indonesia timur.

Mengenai proses rekrutmen sendiri, berlangsung mulai tanggal 9 yang diawali dengan test tulis. Dimana pada test tulis ini mereka di beri tugas untuk meliput. Dimana masing – masing peserta mempunyai tugas yang berbeda antara peserta satu dan yang lainnya. Dan tugas meliput itu hanya seputar kampus ITS. Misalnya kampus teknik kimia, perumdos, persiapan nonton film (kebetulan pada malam hari jurusan sipil mengadakan kegiatan tersebut,red), dan hal lainnya yang berkaitan dengan kampus.

Setelah itu, mereka menuliskan apa yang mereka lihat dan ketahui mengenai apa yang telah ditugas. Dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya : penggunan ejaan yang baku, bentuk tulisan, keakuratan, kesimbangan isi tulisan, dan beberapa penilaian lainnya.

Dari test awal ini, terdapat 15 mahasiswa yang lulus. Mereka yang lulus dari test awal akan mengikuti test wawancara. Pada test wawancara akan ditanyakan mengenai sejauh mana mereka mempunyai pengetahuan tentang jurnalistik atau tentang kepribadian dari mahasiswa tersebut.

Dan akhirnya terpilih 5 mahasiswa yang memenuhi untuk menjadi jurnalis di ITS Online. Antara lain Taufik Hariyadi (Teknik Mesin), Baitus Lukman Hakim (Fisika),Muzna Nadhiro (Biologi), Ariyo Wibowo J.(Teknik Industri), dan Renny Lesmanasari (Teknik Sipil)

Menariknya, dari keseluruhan test yang diadakan. Test tulislah yang membuat sebagaian peserta agak kecele.Pasalnya, ketika mahasiswa mengikuti test tulis. Dikiranya test tulis yang diadakan di kantor ITS Online. Tapi, Tim Redaksi ITS Online malahan mengasih tugas peliputan di lapangan langsung. "Saya kira tes tulis disini, tapi kok disuruh meliput,"terang salah satu peserta dengan mengerutu.(rom)

Berita Terkait