ITS News

Minggu, 26 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Registrasi Mahasiswa Baru Terpusat Satu Atap

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pelaksanaan daftar ulang bagi calon mahasiswa baru S1 melalui SPMB dan ujian masuk yang dilaksanakan oleh ITS untuk Program Studi Desain Produk Industri dapat dilakukan sejak hari Senin(4/8) sampai nanti tanggal 22 Agustus 2003. Calon mahasiswa baru tersebut dapat melakukan daftar ulang di Sekretariat BAAK ITS Gedung KPA lt.2, mulai jam 08.00 sampai 14.00 WIB dengan menunjukkan tanda peserta SPMB.

Semua kegiatan registrasi mahasiswa baru ITS tahun akademik 2003/2004 ini terpusat satu atap di BAAK ITS. "Ini merupakan upaya dari ITS untuk lebih memudahkan pendaftar ulang, sehingga mereka tidak harus bolak-balik. Selain itu juga memudahkan pegawai BAAK, mengingat jumlah mahasiswa baru yang diterima di ITS ada sekitar 1500 calon mahasiswa," ujar Hari, Kepala BAAK ITS. "Dan ini untuk yang pertama kalinya di ITS juga satu-satunya PTN di Surabaya yang memberikan pelayanan terlengkap dengan adanya loket layanan informasi," tambahnya.

Untuk tahun ini pelaksanaan daftar ulang memang lebih mudah dengan disatukannya semua tempat pendaftaran seperti, loket layanan informasi, bank BNI, poliklinik ITS dan BAAK yang merupakan tempat terakhir pelaksanaan daftar ulang. "Letak tempatnya memang mudah untuk dijangkau dibandingkan tahun lalu," kata Galih, menemani adiknya mengisi form daftar ulang. Alumni ITS Jurusan Teknik Fisika '99 ini mengaku kesulitan saat dirinya dulu harus mendaftar ulang. "Kalau aku dulu mesti bolak-balik, dari BNI ke poliklinik ITS, balik lagi ke BAAK untuk daftar ulangnya," tambah Galih.

Ketika melakukan daftar ulang calon mahasiswa baru harus memenuhi semua persyaratan pelaksanaan daftar ulang yaitu, membayar SPP semester pertama 750 ribu, sumbangan pengembangan institusi(SPI) 1,5 juta dan untuk biaya pelaksanaan tes kesehatan, tes TOEFL, KTM/ATM dan kegiatan lainnya sebesar 450 ribu, sehingga total yang harus dibayarkan oleh calon mahasiswa adalah 2,7 juta rupiah.

Jumlah tersebut memang jauh lebih mahal dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 950 ribu. "Biayanya cukup mahal juga. Aku sempat kaget begitu tahu jumlah uang yang harus dikeluarkan saat daftar ulang. Padahal dulu mbak Galih nggak sampai segitu biayanya," tutur Aulia, adik Galih. Alumni SMUN 1 Surabaya ini mengaku kaget juga ketika tahu akan diadakannya tes TOEFL dan Psikotes. "Tahun ini di ITS banyak yang baru, aku jadi harus belajar lagi buat menghadapi tesnya nanti," ungkap gadis yang diterima di Jurusan Teknik Lingkungan.

Selain itu, sebagai persyaratan lainnya mereka harus mengisi form pendaftaran yang bisa diambil di BAAK untuk kemudian diserahkan kembali ke BAAK. Saat menyerahkan form tersebut mereka harus melampirinya dengan tanda peserta SPMB, bukti pembayaran SPP dari bank BNI, hasil tes kesehatan, dua lembar fotocopy STTB, NEM/NUAN, STK(Surat Tanda Kelulusan) dan Akte Kelahiran.

Mereka juga harus melampirkan surat pernyataan tidak terlibat penggunaan/ pengedaran dan membawa narkotika, psikotropika atau zat adiktif terlarang lainnya serta melampirkan surat pernyataan yang menyatakan bahwa dalam tahun pertama kuliah di ITS tidak akan mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dilarang oleh Rektor atau PR III ITS. kedua surat pernyataan tersebut dapat diperoleh di sekretariat BAAK.(sept/bch)

Berita Terkait