ITS News

Minggu, 12 Juli 2020
15 Maret 2005, 12:03

REFLEKSI, 20 TAHUN KIPRAH TEKNIK LINGKUNGAN ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tak bisa dipungkiri lagi, perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK) semakin cepat seiring membilas waktu modernisasi saat ini. Begitupun dengan problematika lingkungan yang sudah menjadi isu pokok baik di negara berkembang maupun di negara maju. Seperti di Indonesia, modernisasi tercapai tapi aspek safety of environment diabaikan.

Teknik lingkungan ITS, merasa tertantang untuk menjawab dan memberi solusi tepat dalam menangani problem tersebut. Melalui seminar nasional dalam rangka menyambut Lustrum ke-4 TL selama dua hari (1-2/10), dengan mengambil tema "Perkembangan dan Aplikasi Teknologi Lingkungan Dalam Menghadapi Era Global".

"Saat ini Teknik Lingkungan tidak hanya bicara soal sampah dan hal-hal yang berkaitan dengan pencemaran saja," ungkap Dr. Yulinah, Kajur TL ini. "Saat ini, yang kita hadapi sudah lebih kompleks, bukan sebatas masalah penanganan limbah domestik maupun industri, akan tetapi sudah mengarah ke sistem managemen perairan serta safety building," papar Yulinah selaku ketua panitia acara.

Dalam kurun waktu 20 tahun yang sudah dilewati, kiprah TL ITS, "Kami (TL ITS) mencoba refleksi output yang lebih berkualitas," ujar wanita berambut cepak ini.
"Suatu keharusan bagi kita (TL ITS, red) untuk refleksi diri, tidak lain, dengan seminar ini kita bisa belajar dan juga membandingkan dengan perkembangan iptek di luar yang lebih maju. Sehingga dapat menjadi bahan revisi kurikulum kita yang mana masih relevan dipakai dan yang sudah tidak relevan di era global saat ini," kata kajur TL ini. Hal ini bisa kita ketahui dalam mengikuti pembicara tamu dari Recent Trend in Waste Treatment Technology, Singapura. (mut/bch)

Berita Terkait