ITS News

Kamis, 06 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

Reboisasi Mangrove, Kenjeran Hijau

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sudah sering terdengar kabar di berbagai media bahwa reklamasi pantai yang dilakukan dengan sengaja secara besar-besaran untuk berbagai keperluan, baik properti maupun budidaya perikanan, yang pada akhirnya mengakibatkan penggundulan hutan mangrove di sepanjang pantai. Dalam hal ini dibutuhkan usaha reboisasi kembali di kawasan pantai tersebut.

Dalam rangka memperingati hari Mangrove se-dunia, tepatnya jatuh pada tanggal 2 Pebruari lalu. Sehingga UKM PLH Siklus mengadakan kegiatan yang bertajuk "Penanaman Mangrove di Pantai Timur Surabaya-Kenjeran" yang dilaksanakan pada tanggal 22-23 Pebruari 2003 kemarin. Menurut Edi salah satu anggota Siklus mengatakan "Dalam kegiatan ini Siklus bekerja sama dengan berbagai pihak, dari PemKot Surabaya maupun dari Institut sendiri," ujarnya saat dikonfirmasi lebih lanjut Elok selaku panitia pelaksana tidak ada di markas Siklus.

Kegiatan inipun dihadiri oleh Sumartodjo Pembantu Rektor III, menyatakan bahwa "Kami sangat mendukung kegiatan ini, sebab ITS memiliki visi dan misi ke arah kelautan," kesannya saat peserta dan relawan akan di berangkatkan dari markas Siklus tepat pukul 07.00 WIB.

Untuk kegiatan ini, Pemkot Surabaya memberi bantuan sebanyak 1300 bibit pohon mangrove dan dari pihak Siklus sendiri sebanyak 1000 bibit pohon yang di tanam di sepanjang jembatan pantau di pantai Kenjeran, dengan ketebalan 5 meter pohon dan panjang sekitar kurang lebih 100 meter. Namun, saat dilaksanakannya penanaman ini, cukup satu hari saja sudah selesai. Hal ini disebabkan oleh peserta maupun relawan melebihi dari target pihak panitia pelaksana, "Dari peserta dan anggota Siklus sendiri 100 orang dan ditambah relawan sekitar 75 orang," jelas Edi mahasisewa Jurusan Siskal ini. Kamipun UKM PLH Siklus sangat bersyukur dalam kegiatan ini mendapatkan dukungan yang positif dari berbagai pihak, ujar Timbul anggota Siklus. (mut/li)

Berita Terkait