ITS News

Rabu, 17 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Rayakan Ultah, Tanam 100 Pohon

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebanyak 50 mahasiswa ITS anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pecinta Lingkungan Hidup SIKLUS, kemarin melakukan bersih-bersih kampus dan menanam pohon. Sejak pukul 12.00, mereka sudah berkumpul di sekitar halaman asrama ITS.

Rata-rata para mahasiswa itu mengenakan kaus oblong dan sandal jepit. Tak lupa mereka juga membawa berbagai peralatan kerja bakti seperti pisau, sabit, cangkul, dan sapu lidi.

Menurut ketua SIKLUS Suyanto program itu sudah cukup lama disiapkan. "Kurang lebih tiga bulan. Kami ingin tetap menjaga kebersihan dan kerindangan kampus," ujar Suyanto. Selain itu, acara ini untuk memperingati ulang tahun SIKLUS yang ke-17. Kegiatan tersebut dipusatkan di asrama mahasiswa yang dianggap sebagai paru-paru kampus. "Selain itu, acara ini merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan Hari Pohon Kota pada September 2004 lalu," kata mahasiswa jurusan Geodesi ini.

Pada kegiatan kali ini, SIKLUS menyiapkan 100 pohon sambi dan sawo. Suyanto mengatakan pihaknya sengaja memilih kedua pohon itu karena cocok untuk tanah di ITS. "Perawatannya juga gampang," lanjutnya. Puluhan mahasiswa itu terlihat bersemangat menyiangi rumput di asrama yang terletak di Jalan Arif Rahman Hakim tersebut.

Dikatakan, SIKLUS akan terus melakukan program bersih-bersih di lingkungan kampusnya. Sasarannya adalah membersihkan pepohonan kampus dari papan reklame. "Kami prihatin melihat pepohonan yang badannya dipaku untuk menempel reklame atau memasang spanduk sembarangan. Kalau saya pohon, pasti menjerit kesakitan," paparnya. (nie)

Berita Terkait