ITS News

Rabu, 07 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Putu, dimanakah kau ?

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seorang Bapak berusia sekitar 50-an datang ke jurusan Teknik Perkapalan ITS. Dengan logat Bali-nya yang kental, Beliau menanyakan salah satu nama kepada seorang mahasiswa Teknik Perkapalan. Dan ia (mahasiswa Teknik Perkapalan, red) menjawab tidak kenal dan tidak tahu, kemudian mahasiswa tersebut menanyakan hal itu kepada teman-temannya, tapi jawaban sama diterima Bapak tersebut.

Tampak sekali wajah lusuh dan semangat yang kendur pada diri sang Bapak karena belum mendapatkan apa yang diinginkannya. Kemudian salah seorang mahasiswa mendekati Bapak tersebut, karena merasa berasal dari daerah yang sama. Mereka terlibat perbincangan yang cukup lama, dan barulah diketahui duduk permasalahannya dengan jelas.

Bapak tersebut memang berasal dari Bali, dan saat itu sedang mencari iparnya, I Putu Artana. Dalam penjelasannya, Putu sudah meninggalkan Bali sejak tahun 2000 yang lalu. Saat itu ia (I Putu Artana, red) mengaku telah diterima di Teknik Perkapalan ITS, karena itu ia meminta uang ke orang tuanya sebesar 16 juta rupiah untuk biaya registrasi. Tentu saja hal itu langsung disetujui oleh ayahnya, karena Putu memang anak kesayangan ayahnya walaupun Putu sering menunjukkan kenakalannya. Setelah itu pergilah Putu ke Surabaya. Akan tetapi sejak kepergiannya sampai saat ini, Putu tidak pernah berkomunikasi dengan orang tuanya sama sekali. Karena itulah, iparnya, Ketut Sutama, disuruh mencari berita tentang keberadaannya.

Setelah mendengar penjelasan tersebut, langsung saja beberapa anggota Himpunan, yang kebetulan sedang ngobrol, pergi ke sekretariat jurusan untuk mencari data angkatan 2000, barangkali ada data I Putu Artana di sana, namun nihil hasilnya. Selanjutnya, mereka coba mencari data Putu di jurusan lain, Teknik Sistem Perkapalan dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, di keempat jurusannya, namun tetap hasil nihil yang didapatkannya.

Bapak tersebut sudah menunjukkan raut wajah putus asa, karena sudah menunggu selama 2 jam, namun tidak ada jawaban yang melegakan hati. Kepada ITS Online beliau mengatakan, kepada siapa saja yang mengetahui keberadaan I Putu Artana, dengan ciri-ciri badan tinggi kurus, kurang lebih 170 cm dengan berat 50 kg, rambut agak keriting dan kulitnya sawo matang, dimohon memberitahukan kepada pihak keluarganya, Ketut Sutama, alamatnya di Tegal-Denpasar dengan nomor telepon (0361)226702. (yud/rif)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > Putu, dimanakah kau ?