ITS News

Minggu, 26 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Puasa bukan berarti bermalas-malasan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Puasa, tidak membuat mahasiswa ITS loyo dan kurang produktif. Ini terbukti begitu banyaknya rangkaian kegiatan di Bulan Ramadhan ini. Dari RDK di JMMI sampai RDK di tiap-tiap jurusan. Teknik Kimia, salah satu jurusan yang begitu banyak mengadakan kegiatan di Bulan Suci ini.

RDKTK, nama dari kegiatan tersebut yang merupakan kepanjangan dari Ramadlan di Kampus Teknik Kimia. RDKTK ini berlangsung selama Bulan Ramadhan. Kegiatan yang diadakan sangat variatif dan terjadwal. Mulai dari pengajian, seminar, open talk, bursa buku, sampai buka puasa bersama yatim piatu.

Dari kegiatan RDKTK, yang berhasil diliput tim ITS Online adalah bursa buku dan buka bersama yatim piatu. Bursa buku yang hingga berita ini diturunkan masih berlangsung, ini diadakan di ruangan cafetaria Teknik Kimia. Beraneka ragam buku dapat ditemukan di sini. Mulai buku dakwah, Psikologi Islam, Manajemen Islam, sampai cerpen remaja islami. Pengunjungnya selain dari mahasiswa Teknik Kimia sendiri, juga banyak dari kampus-kampus tetangga, seperti Teknik Perkapalan dan Teknik Fisika. Selain untuk membeli buku yang dipamerkan, pengunjung juga diperbolehkan membaca buku-buku tersebut di tempat. Banyak dari mahasiswa Teknik Kimia, setelah usai kuliah, menyempatkan mampir untuk sekedar baca-baca buku yang bernafaskan Islam itu. Tapi juga banyak dari mereka yang memutuskan untuk membeli buku tersebut.

Selain bursa buku, salah satu kegiatan RDKTK ini adalah buka bersama yatim piatu. Dengan mengundang yayasan yatim piatu di sekitar Keputih, acara ini dapat dikemas begitu menarik. Buka puasa gratis ini, diikuti seluruh sivitas akademika Teknik Kimia ITS. Tapi sayangnya, tidak ada dosen yang datang. "Mungkin hujan yang turun menyebabkan Pak Dosennya ngak bisa datang." ujar salah satu panitia RDKTK. Dari pantauan ITS Online, hanya satu dosen yang datang, itu pun waktu pembukaan dan tilawatil Qur'an.

Acara dibuka tepat pukul 15.30 WITS. Bertempat di pelataran Plaza Teknik Kimia, acara berlangsung ditengah rintikan hujan dan mendung tebal. Tapi itu tidak membuat berkurangnya suasana kekeluargaan di kampus Teknik Kimia. Suasana akrab terlihat begitu adik-adik dari yayasan yatim piatu datang. Mereka menghadiri acara tersebut atas undangan panitia.

Acara bertambah menarik dengan datangnya group nasyid Fokus Voice. Nasyid yang lagi naik daun ini, melantunkan syair-syair islami, mengingatkan tentang sisi-sisi kehidupan sekitar. Penonton pun dibuatnya terkesima, ketika group nasyid yang beranggotakan dua mahasiswa ITS ini mulai melatunkan syair pertamanya. Group ini menghibur hingga waktu Magrib.

Acara inti pun tiba, setelah Sholat Magrib Berjama'ah, panitia membagi bungkusan nasi untuk mulai berbuka bersama, terlihat suasana yang begitu akrab. Setelah berbuka bersama, lagi, Tim Nasyid Fokus Voice melatunkan syair-syairnya, hingga waktu Isya'. Rencananya kegiatan ini diteruskan sampai sholat tharawih. Berhubung kampus Teknik Kimia terletak di dalam dan tengah sawah, dan langit sudah mulai gelap, acara sholat thawawih dibatalkan. (lut/rif)

Berita Terkait