ITS News

Selasa, 07 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

PT. Indomarine Isi Kuliah Tamu Teknik Material

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dengan menghadirkan pembicara seorang welding engineer dari PT. Indomarine Malang, Himpunan Mahasiswa Teknik Material(HMMT) mengadakan Kuliah Tamu dengan tema "Welding Technology of Stainless Steel". Kegiatan yang dimulai pukul 13.30 WIB ini ternyata tak hanya diminati oleh mahasiswa jurusan Teknik Material saja, tampak sejumlah mahasiswa Teknik Mesin dan Perkapalan pun turut ambil bagian.

Kuliah tamu pada Kamis (29/5) itu dibuka dengan sedikit pemaparan mengenai karakteristik besi dan baja. Menurut Ir. Anang Wijayanto, keynote speaker kegiatan ini, stainless steel dapat digolongkan menjadi tiga jika ditinjau berdasarkan struktur . Struktur pertama adalah martensit, dengan ciri-ciri logamnya keras dan getas. Bentuk struktur selanjutnya adalah perlit, dan austenit. "Masing-masing struktur ini memiliki sifat yang berbeda dan harus diperlakukan secara khusus saat pengelasan,"paparnya.

Saat pemaparan soal teknik pengelasan, alumnus Teknik Mesin Universitas Brawijaya ini menjelaskan, sebelum dilakukan welding process perlu ada uji laboratorium untuk menghindari adanya failure.Menurutnya, sebelum benda kerja dilas maka perlu dibuat replikanya, benda kerja tiruan ini kemudian diuji dengan destructive test (uji merusak, red) untuk mengetahui faktor kekuatan, keuletan, dan ketangguhannya."Setelah lulus uji ini maka barulah diadakan proses pengelasan," Jelasnya

Saat dilakukan pengelasan pun bukan berarti tidak mengalami masalah. Adanya cold crack atau lazim disebut retak dingin sering ditemui saat benda dilas. "Dampak dari cold crack ini adalah munculnya sifat getas pada daerah pengelasan sehingga baja mudah patah." ujar pria bertubuh kecil ini. Faktor inilah yang paling dibenci oleh para desainer konstruksi. (tov/rom)

Berita Terkait