ITS News

Selasa, 06 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Psikotes Pertama Di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Mulai tahun ini semua mahasiswa baru ITS diharuskan untuk mengikuti Psikotes yang diadaakan oleh institut dan dilaksanakan serempak di semua jurusan kepada semua program baik itu reguler, D3 maupun ekstensi. Psikotes ini dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan IPT (Informasi Pendidikan Tinggi).

Psikotes yang baru diadakan tahun ini sempat membuat bingung dan kaget, tidak hanya kepada calon mahasiswa baru tetapi juga kepada dosen dan karyawan dibeberapa jurusan. Pasalnya, beberapa dosen dan karyawan itu tidak tahu kalau mulai tahun ini ITS memberlakukan psikotes kepada seluruh mahasiswa baru ITS.

"Saya tidak tahu lho kalau sekarang ini ada Psikotesnya segala. Saya tahunya dari anak-anak yang datang waktu Welcome Party dijurusan. Mereka itu ribut membicarakan tentang Psikotes," kata Endang, karyawan jurusan Teknik Sipil. Endang juga mengaku dirinya sempat bingung ketika diminta oleh Kajur Teknik Sipil memilih 5 orang untuk menjadi pengawas.

Beberapa dosen dan karyawan dijurusan lain juga mengakui kurang adanya koordinasi antara SAC sebagai panitia pelaksana sekaligus tim pembuat soal dengan tiap-tiap jurusan. Sehingga untuk pelaksanaan pada tahun depan diharapkan ada kerja sama yang lebih baik.

Sementara itu, panitia psikotes dari SAC mengatakan pihaknya telah memberikan surat pemberitahuan kepada tiap-tiap jurusan untuk mengirim beberapa utusan yang bertugas mengambil soal. "Selain mengambil soal, mereka yang datang itu juga akan mendapat pengarahan tentang teknis pelaksanaan psikotes itu," ujar Reza, staf administrasi SAC.

Namun Reza menyayangkan karena beberapa utusan jurusan itu ada yang terlambat. "Surat pemberitahuan yang kami berikan meminta mereka untuk datang jam 7. Tapi nyatanya ada yang datang jam 7.45 padahal brifing kami mulai tepat jam 7. Terpaksa yang terlambat itu tidak bisa mengikuti brifing secara jelas," terang Reza.

Peserta psikotes sendiri harus mampu menyelesaikan soal-soal pilihan ganda yang diberikan dalam waktu 120 menit. Selain soal pilihan ganda, mereka juga harus mengerjakan soal menggambar sebanyak 2 soal yang harus selesai dalam hitungan 55 menit. Sehingga total waktu bagi mereka kurang lebih 3 jam.(sept/li)

Berita Terkait