ITS News

Selasa, 31 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

PSI 3; Genderang Suksesi JMMI KE 14

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Gerbong regenerasi bakal bergerak kembali di tubuh JMMI. Hal ini terlihat jelas dalam PSI 3 (Program Studi Islam) yang digelar 28-29 Juni. PSI 3 diadakan sebagai langkah strategis pembekalan materi dakwah dan kepemimpinan bagi calon pengurus baru. Suksesi dalam tubuh organisasi keagamaan terbesar di ITS ini sendiri, menurut jadwal, dilaksanakan September mendatang.

Syiar dakwah Islam yang dibebankan pada JMMI untuk masayarakat ITS, bakal mendapat tantangan berat. Budaya dan pemikiran asing yang kian deras masuk bakal menjadi ganjalan utama. Oleh karenanya, penting bagi JMMI untuk merangkul semua elemen organisasi Islam di sekitar kampus ITS. Bukan saja kajian jurusan namun juga organisasi ekstra kampus di sekitar ITS.

Penyatuan peta dakwah, itulah langkah strategis yang diincar oleh JMMI saat ini. Melalui penyatuan visi dakwah, kemampuan merangkul seluruh kalangan muslim di ITS menjadi lebih terarah dan luas.

"Kalau dulunya PSI hanya boleh diikuti kalangan internal JMMI, sekarang PSI 3 bisa diikuti oleh kajian jurusan dan OMEK, " terang Muh. Djaelani, Ketua Dept. PPSDM JMMI. Menurutnya, dengan PSI ini dapat membentuk penyatuan agenda dakwah bagi kalangan manajemen tingkat atas. Dengan begitu keseragaman visi dakwah bakal terwujud.

PSI sendiri terbagi atas tiga tahapan. PSI 1 ditujukan bagi mahasiswa baru. Materinya pun seputar pemahaman akidah dan jati diri muslim. Lulusan PSI 1 diharapkan bakal menjadi pengurus JMMI setingkat staf. PSI 2 diadakan bagi pengurus dengan kemampuan menengah. Materinya berkutat pada masalah manajerial dan kemampuan dasar seorang da’i. Sedangkan PSI 3 ditujukan bagi calon BPH JMMI. Materi yang diberikan pun tergolong berat, seperti manajemen mesjid dan strategi dakwah.

"Kami harapkan pengurus yang mendatang dapat melanjutkan misi dakwah JMMI, " ujar Djaelani menambahkan. (ryo/har)

Berita Terkait