ITS News

Selasa, 28 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Program Baru D-4 di ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selasa, 18 Mar 2003
Program Baru D-4 di ITS

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) tahun ini membuka program baru, Diploma Empat (D-4). Program studi yang ditawarkan adalah Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K-3). Yang menarik, lulusan D-4 dari K-3 ini akan langsung diangkat oleh Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) untuk mengawasi perusahaan-perusahaan swasta.

"Program studi ini adalah yang pertama di Indonesia," kata Ir Sugianto, Direktur Politeknik Perkapalan ITS, usai acara pembukaan pelatihan operator boiler di kampus ITS Sukolilo, kemarin.

Dia mengatakan, program studi baru ini merupakan realisasi kerjasama antara ITS dengan Depnakertrans akhir Desember 2002. Program studi ini nanti akan bernaung di bawah Politeknik Perkapalan ITS. "Kebutuhan ahli K-3 di Indonesia masih sangat tinggi," ujar Sugianto.

Menurut dia, Depnakertrans mengharuskan setiap perusahaan memiliki P2K3 (Panitia Pembina Kesehatan dan Keselamatan Kerja). Mayoritas perusahaan di Indonesia belum memiliki perangkat tersebut. Tenaga ahli tentang K-3 di Indonesia juga sangat jarang. "Lulusan D4 K-3 ITS nanti akan ditempatkan sebagai P2K3 di perusahaan yang ada di seluruh Indonesia," terangnya.

Untuk angkatan pertama nanti, kata dia, hanya akan dibuka untuk 30 mahasiswa. Mereka akan menempuh kuliah selama empat tahun. Selain menerima lulusan SMU/SMK, D4 K-3 ini juga menerima lulusan D-3 teknik dan D-3 Hiperkes. "Untuk lulusan D-3 hanya butuh satu tahun untuk menyelesaikan studi di sini," ungkap Sugianto.

Pendaftaran untuk program ini akan dibuka bersamaan dengan musim pendaftaran mahasiswa baru yang diperkirakan mulai Juni nanti.(tom)

Berita Terkait