ITS News

Selasa, 05 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Prof Rahmalan: Kami bantu menjodohkan dengan profesor yang berkaitan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Diawali pembukaan acara oleh Dr Eddy Setiadi,MSc dari Jurusan Teknik Lingkungan yang telah berpengalaman mengambil postgraduate di UTM selama 13 bulan. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang fakultas-fakultas di UTM oleh Prof Ramalan sebagai koordinator dan Dr Nurdin sebagai manajer marketing.

"UTM memiliki 5 fakultas untuk postgraduate dan PhD yaitu Faculty of Science, Faculty of Computer Science and Information System, Faculty of Built Environment, Faculty of Geoinformation Science and Engineering, and Faculty of Management and Human Resource Development. Awal September adalah awal perkuliahan diharapkan para pendaftar mengetahui waktu aktif perkuliahan," jelas Prof Ramalan.

"Bagi pendaftar postgraduate, UTM tidak menyediakan beasiswa khusus, akan tetapi bila mempunyai kemampuan yang bersangkutan dapat membantu dan dipekerjakan di laboratorium UTM, maupun ikut dalam suatu bagian riset seorang profesor atau doktor," tambah Dr Nurdin. "Sedangkan khusus untuk S3/PhD, ada beasiswa Islamic Development Bank (IDB) yang bisa diperoleh tentunya dengan kompetisi," lanjutnya lagi.

Untuk gelar Master dengan Taught Course dikenakan 3506 Ringgit atau 923 Dollar AS per semester, sedang Taught Course and Research dikenakan biaya yang sama, Master dengan research saja dikenakan biaya 3906 Ringgit atau 1107 Dollar AS per semester. Untuk gelar PhD dikenakan biaya 4206 Ringgit atau 1107 Dollar AS semester.

Menurut Prof. Ramalan, kuliah PhD di Malaysia, rata-rata ditempuh selama 3-4 tahun sedangkan untuk S2 adalah 1 sampai 3 tahun. Bahkan bila bisa menampilkan tulisan 2 kali di jurnal internasional bisa 2 tahun saja bagi PhD. "Perlu 50% kerja keras dan 50% do’a untuk bisa menyelesaikan PhD, belum jadi PhD bila belum sampai menangis-nangis," lanjutnya lagi bergurau. "Ada sekitar 500 orang sedang memperoleh PhD di UTM dari total sekitar 3000 mahasiswa postgraduate. Pihak koordinator postgraduate akan menghubungkan dengan profesor bagi mahasiswa yang berminat melalui tulisan barang satu atau dua paragraf tentang riset atau penelitian yang akan diadakan. Akan kami bantu menjodohkan dengan profesor yang berkaitan," kata Prof Ramalan.

Fasilitas yang tersedia di UTM sangat menunjang perkuliahan antara lain
internet gratis selalu ada, fasilitas ibadah khususnya muslim juga banyak, luas, dan bersih. Bagi yang tertarik bisa menghubungi email graduate@utm.my. (li/bch)

Berita Terkait