ITS News

Sabtu, 08 Agustus 2020
15 Maret 2005, 12:03

Prof. Jan: Polymers, not plastics

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Polymer yang selama ini hanya kita kenal sebagai plastik, ternyata tidaklah benar. Bahkan dengan semakin majunya ilmu pengetahuan khususnya dibidang kimia. Timbul adanya polymer-polymer baru, watersoluble dan hidrogels.

Hal tersebut diungkapkan oleh Prof. Jan C.T. Kwak, Department of Chemistry, Dalhousie University, Halifax, Nova Scotia, Canada . Dalam acara seminar nasional kimia III kemarin (21/8). Beliau membawakan makalah dengan judul, Polymers not plastics : trend in Research on watersoluble Polymers and Hidrogels.

Pada kesempatan ini juga beliu mulai memaparkan bagaimana proses pembuatan polymer tersebut sampai dengan aplikasinya. Salah satunya, hidrogel, zat polymeric yang dapat menyerap lebih dari 20 persen massa air ketika disiramkan pada bagian tersebut. Dan ini diaplikasikan dalam pembuatan popok bayi "pampers"

Disamping itu, pembicara utama yang lain, yaitu ; Prof. Dr.rar. net. Gunawan Indrayanto (Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga) dengan judul makalah "Prospek produksi buatan bahan kimia alami dengan metodebioteknologi tanaman" dan Dr. Ir. Anton Apriyantono (Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi FATETA, Institut Pertanian Bogor) dengan judul makalah " Peranan Kimia Dalam pengembangan Flavour Science dan Technology.

Dan dalam acara ini juga digelar presentasi oral yang terbagi dalam tiga kelompok. Dengan masing kelompok terdiri dari 12 pemakalah dari berbagai instansi dan lembaga penelitian. Ditambah juga lima buah makalah presentasi dalam bentuk poster.

Keseluruhan kegiatan tersebut bertujuan untuk mempertemukan pemegang kebijakan, akademisi, peneliti, industriawan, dan pemerhati di bidang kimia dan terapannya. Dan menyajikan hasil-hasil penelitian terbaru. Serta untuk pertukaran pengalaman dan persoalan diantara peserta seminar dan pameran dengan berbagai latar belakang. "kegiatan ini sebenarnya kelanjutan dari SENAKI (Seminar Kimia Nasional) dari tahun sebelumnya," tegas Dr. Mardi Santoso, ketua pelaksana SENAKI III saat ditemui disela-sela coffe break. (rom)

Berita Terkait