ITS News

Minggu, 27 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

PROF. IR. SOEGIONO, SEBAGAI JURI KEHORMATAN LOMBA MASAKAN NUSANTARA & PERAGAAN BUSANA ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Graha ITS, ITS Online, Kemarin (22/8) seluruh ibu – ibu Darma Wanita ITS memenuhi gedung Graha ITS untuk unjuk kebolehan. Mulai dari urusan masak memasak sampai lenggak – lenggok di dunia catwalk. Mereka berpartisipasi dalam "Lomba Masakan Nusantara dan Lomba Peragaan Busana".

Gerak dan lomba wanita ITS ini diselenggarakan dalam rangka menyongsong Dies Natalis ITS ke – 42. Lomba masakan Nusantara diikuti 11 peserta dari tiap fakultas, politeknik, dan KPA. Sedangkan sekitar 20-an ibu – ibu dan karyawan memeragakan busana pesta.

Untuk masakan yang dilombakan, dipilih masakan nusantara dan disepakati "soto" dari berbagai daerah di nusantara. "Sebelumnya kami adakan rapat dengan ibu – ibu masakan apa yang akan dilombakan, ternyata soto yang terpilih," jelas ibu Rosyadi,selaku ketua panitia lomba. Kenapa memilih soto ? "Semua ibu – ibu di sini menyukai soto," tambahnya.

Ada sembilan jenis soto dari nusantara yang dilombakan. Seperti soto dari daerah Banjar, Kediri, Kudus, Betawi, Lamongan, Madura(Sumenep), Padang, Bukittinggi dan terakhir Coto Makasar dan Burasa. Uniknya, yang masak ibu-ibu yang berasal dari daerah tersebut.

Lalu siapa jurinya? "Jurinya dari SMK Negeri 6 dan sebagai juri kehormatan adalah bapak Rektor dan Dekan ITS," ungkapnya.

Dan berhasil sebagai pemenang I adalah Soto Kudus mewakili Fakultas teknologi Kelautan. Berikutnya Soto Betawi(FTSP) dan Coto Makasar (Poltek Kapal) sebagai pemenang II dan III. Sedangkan FTI meraih juara Harapan I dengan masakannya Soto Banjar. Menurut ibu Retnowati, ketua juri, mengatakan bahwa masakan sudah memenuhi kriteria hanya saja kurang dalam seni menyajikan.

Darma Wanita dari FTI berhasil mendominasi kejuaraan. Ini terbukti dengan berhasilnya mereka meraih juara I, II, III. Juara Harapan I, II dan III masing-masing diraih oleh KPA BAAK, FMIPA dan FTK. Juara I memeragakan busana muslim bertema merah putih yang menurut juri salah satu alasan kemenangan sang juara karena masih bernuansa hari Kemerdekaan RI. Selain itu pemilihan asesoris dan make-up yang tepat juga penguasaan panggung kriteria lainnya. "Ibu Joko Sungkono (juaraI,red) selalu menampakkan senyum manisnya," imbuh tim juri.
Selamat atas kemengannya!(na)

Berita Terkait