ITS News

Kamis, 30 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Politeknik telah siapkan 2 tim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Robot yang mempunyai tinggi sekitar 3 meter, berbentuk seperti katrol, dan mempunyai ring diatasnya yang dapat menampung 4 bola. Itulah robot manual dari tim Robotnik-6499. Tim robot yang akan mewakili Politeknik Perkapalan.

Tim ini mengakui kesulitan untuk mendapatkan spesifikasi motornya. Karena untuk mencari yang bekas saja mereka berebut dengan tim-tim yang lainnya. Maka tak heran jika robot yang menjadi pendahulu mereka, Robot Gedhek, beberapa peralatannya dipakai untuk tim ini. "Kami telah blusukan ke demak dan gembong untuk menjari motor yang sesuai dengan robot kami," ujar Budi, ketua tim Robotnik-6499

Tim ini berencana akan menampilkan 1 robot manual dan 4 robot otomatis. "Sekarang kami tinggal mengupgrade programnya saja, untuk robot otomatisnya," jelas Budi, saat ditanya tentang persiapan dari timnya.

Di lain tempat tapi masih di Politeknik Perkapalan, terlihat tim Caraka, yang melakukan perbaikan terhadap robot manualnya. Karena untuk 3 robot otomatisnya telah selesai. Bahkan telah dilakukan pengujian di Politeknik Elka. " Untuk robot otomatis telah rampung, setelah dilakukan penggantian mikrokontrolernya," terang Sutrisno, anggota tim Caraka bagian robot otomatisnya.

Tim yang terdiri dari 4 mahasiswa ini antara lain Sonny Susetyo (ketua), Sutrisno,Fajar Novianto, dan Arie Setyawan, mereka dalam pembuatan robot ini mendapatkan dana dari masing-masing anggota. "Selama ini pengeluaran kami sudah sekitar 3,5 juta," katanya.

Meski begitu semangat dari tim ini patut untuk di ajungi jembol, begitu juga untuk tim-tim robot dari Jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Politeknik Elka, dan Politeknik Perkapalan. Mereka semuanya telah mengorbankan waktu dan biaya untuk dapat mengikuti kontes robot yang akan berlangsung 23 Maret mendatang. Selamat Bertanding !!!!.(rom/li)

Berita Terkait