ITS News

Rabu, 06 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Polda Rangkul ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Polda Jawa Timur terus berusaha meningkatkan kualitas dirinya. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi. Kemarin siang, Kapolda Jatim Irjen Pol Firman Gani menandatangani kerjasama dengan Rektor ITS Dr Ir Muhammad Nuh DEA.

"Kerjasama ini merupakan upaya kami meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Tentunya kami ingin memanfaatkan teknologi yang dimiliki kampus untuk kerja-kerja polisi," ujar Firman Gani dalam sambutannya, kemarin.

Setelah nota kerjasama ditandatangani, disusul penandatanganan kerjasama khusus antara Kapolwiltabes Kombes Ade Rahardja dengan Dekan FMIPA ITS Suasmoro. Kerjasama ini nantinya berupa pengolahan data-data kriminalitas yang ada di Jatim, terutama di Surabaya. "Jika data tersebut lengkap, kami bisa mengantisipasi kriminalitas yang bakal terjadi," kata Firman.

Kerjasama lainnya antara Direktur Lalu Lintas Polda Jatim Kombes Adjar Triadi dengan Dekan FTSP ITS Priyo Suprobo. Kerja sama itu berupa penelitian jalur-jalur lalu-lintas di Jatim serta pembuatan film image layanan masyarakat tentang citra polisi di mata masyarakat. "Film ini akan diperankan oleh polisi dan pembuatannya dilakukan oleh tim dari ITS," jelas Firman.

Suasana penandatangannan kemarin berlangsung gayeng dan penuh tawa. Apalagi Nuh, beberapa kali mengeluarkan joke-joke segar yang membuat Firman Gani terpingkal-pingkal. "Kalau dosen ITS memang badannya kecil-kecil, tidak seperti polisi. Karena tidak ada syarat tinggi badan kalau masuk ke sini. Meski begitu, saya melarang pembantu rektor yang tinginya lebih dari 160 cm. Nanti melebihi saya, dan kalau jalan saya dikira anaknya," gurau Nuh.

Menurut Nuh, selama ini antar polisi dan kampus terasa ada jarak. Apalagi kalau mahasiswa demo selalu berhadapan dengan polisi. "Mulai hari ini sekat antara polisi dan kampus tidak ada lagi," lanjutnya.(tom-JP)

Berita Terkait