ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Planning New Spirit at New Year

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebentar lagi kita semua akan memasuki tahun baru 2004, babak baru telah menunggu diri kita insan manusia untuk selalu semangat dalam terus meciptakan ide-ide yang kreatif. Namun, hanya manusialah yang akan menentukan untuk terus maju menghadapi hari esok yang lebih menantang atau justru memilih untuk bergeser dalam kemunduran diri sendiri.

Sengaja pula HIMKA (Himpunan mahasiswa Kimia) ITS mewadahinya dalam seminar motivasi dan juga hasil kerja sama dengan Chimera Entertaiment, pada sabtu (13/12) kemarin. Dengan penuh semangat dan tegur sapa yang akrab meluncur dari Prita dan Fahrul, pemandu acara. "Mengapa semangat baru itu penting sekali bagi kita?" tegur Prita pada peserta, dimana tidak lain adalah supaya aktivitas dan segala rencana kita di masa yang akan dating lebih terarah dan juga makin bagus, timbale prita.

Tak lama pula dengan diiringi oleh sambutan yang hangat dari para peserta acara ini, Prof. Taslim Ersam mulai membukanya, "Saya tahu, anda semua yang hadir di sini tidak lain untuk mempertebal semangat dan rasa percaya diri anda!" tangkas Guru Besar Kimia Organik di Jurusan Kimia ITS ini. "Jadi andapun juga tidak salah pilih untuk mengikuti ini nanti. Sebab di dalam kamus versi diri saya, jangan ada 'The old spirit' tetapi justru kebalikan dari itu," seru Taslim.

Hal inipun dikaitkannya dengan teoritis ilmu kimia yang selama ini digeluti oleh dosen yang satu ini, dimana dalam membangun rasa pe-de (percaya diri) diharuskan adanya kesetimbangan antara emosi dan rasional. "Kedua-duanya ini harus memiliki arah yang bolak-balik, yang saya misalkan yaitu reaksi kimia menuju kesetimbangan, supaya aksi akhir mebentuk keyakinan dalam diri kita," tambahnya lagi.

"Tetapi, itu semua harus tetap ada kontrol dari dalam diri sendiri yakni dengan berpegang teguh pada religius," ungkapnya. "Sebab pada akhirnya manusia akan kembali kepada Sang Maha Pencipta, jadi selayaknyalah kita juga tidak terlalu menyombongkan diri kepada orang lain," pungkasnya. (mut/)

Berita Terkait