ITS News

Selasa, 05 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

PKTI, Warnai Atmosfer Budaya Ilmiah ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Iklim akademis ITS selalu menumbuhkembangkan pola pikir dan budaya ilmiah. Namun, sudah cukupkah tersampaikan semuanya kepada mahasiswa ITS untuk lebih mendalaminya?.

Untuk mewadahi, Hima Tektro ITS mengadakan n PKTI (Pelatihan Karya Tulis Ilmiah)oleh Departemen Pendidikan sekaligus untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional Jum'at, (2/5). Acara yang dilaksanakan Sabtu – Minggu (3-4/5) di ruang sidang B.404 ini, mendatangkan Ir. Yulinah ,M.T (Kajur T.Lingkungan) dan Ir. Gamantyo H,Phd (dosen T.Elektro ) serta Ir. Ari S, M.T (Kepala Lab. Studi Pengaturan).

Melihat sekilas dari budaya ilmiah di lingkungan ITS yang cukup kurang. "Ini tampak terhadap mengembangkan ide-ide dalam format karya ilmiah mahasiswa dinilai sangat minim. Khususnya bagi jurusan Elektro sendiri," tutur Randi Ketua pelaksana dalam PKTI ini. Sehingga panitia memformat PKTI tahun ini sangat berbeda sekali dengan tahun kamarin, "Setiap peserta PKTI diwajibkan untuk menuangkan ide – idenya dalam tulisan ilmiah," ujar Randi dengan mimik wajah yang serius. Menurutnya, kegiatan ini diberi quota 40 peserta saja dengan pertimbangan efektivitas penyampaian materi yang lebih jelas dan mantap.

Tujuan akhir yang diharapkan, masih menurut Randi, untuk menstimulus setiap mahasiswa ITS. "Khususnya peserta PKTI ini untuk mulai berpola pikir ilmiah yang akhirnya akan terus dikembangkan dalam masing-masing bidang ilmu yang didalami sekarang ini," tambah mahasiswa Elektro angkatan 2001.

Budaya dan pola pikir mahasiswa ITS dinilai sangat memprihatinkan, hal ini terlihat dari pemenang PIMNAS yang masih minim. "Peserta PKTI tahun ini lebih diprioritaskan ke intern," ujar Ardianyah salah satu SC dalam pelatihan ini.

Untuk menjaga atmosfer yang sedang terbentuk ini, Hima Tektro menindaklanjuti dengan menggelar acara berikutnya. "Setelah kegiatan PKTI kali ini akan dilanjutkan dengan LKTM (Latihan Kaya Tulis Menengah). Tapi bersifat intern pada pertengahan bulan Mei ini," tutur mahasiswa semester 6 ini. Kiranya dengan kegiatan PKTI kali ini sedapat mungkin meningkatkan budaya ilmiah di ITS. (mut/har)

Berita Terkait