ITS News

Sabtu, 04 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

PIMITS V 2001, Sebagai Upaya Perangsang dan Penghargaan Aktivitas Ilmiah Civitas Akademika ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebuah kemajuan suatu bangsa, dapat diukur dari tingkat kemajuan teknologi dan sosialisasi teknologi pada seluruh lapisan membutuhkan peran sumber daya manusia sebagai inti penggerak kemajuan tersebut.

Institut Teknologi Sepuluh Nppember merupakan institusi pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat sudah selayaknya dan berkewajiban berperan aktif dalam proses kemajuan tersebut. ITS yang memiliki aset SDM yang cukup memang sewajarnya mampu menjadi motor penggerak bagi kemajuan teknologi dan kemudian dapat diberdayakan sebagi aset perkembangan masyarakat.
Demi meningkatkan aktivitas ilmiah di ITS dan sebagai upaya memberikan reward kepada seluruh civitas akademika ITS maka Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS diadakan. PIMITS V diselenggarakan dibawah tanggung jawab Badan Eksekutif Mahasiswa ITS melalui proses rekruitmen oleh BEM ITS.

PIMITS adalah sebuah rangkaian kegiatan ilmiah yang pesertanya adalah seluruh mahasiswa ITS secara kelembagaan. Kegiatan ilmiah yang dimaksud adalah bukan pada proses penghasilan karya ilmiah namum pada proses perangsangan dan penghargaan dari hasil karya mahasiswa ITS. Sehingga mahasiswa ITS merasa teraktualisasi dan dihargai selama mereka melakukan kegiatan ilmiah. Fungsi yang berikutnya adalah sosialisasi teknologi kepada masyarakat. Harapan berikutnya ternologi hasil karya mahasiswa ITS dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat dan kemajuan bangsa dan negara.

PIMITS V akan diawali oleh kegiatan Lomba Karya Inovatif Produktif (LKIP). Kegiatan ini merupakan kompetisi untuk menguji daya inovasi mahasiswa agar dapat menciptakan karya yang di kemudian hari dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya bagai siapapun. LKIP melombakan konsep dan rencana mahasiswa ITS kemudian yang lolos seleksi akan membuat karya tersebut ataupun kegiatan tersebut dalam kondisi realnya.
Kegiatan berikutnya adalah mirip dengan LKIP namum menitikberatkan pada proses penelitian dan metode yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Lomba ini dilakukan di tingkat ITS dan kemudian memungkinkan untuk dibawa pada tingkat yang lebih tinggi.

Puncak kegiatan PIMITS V adalah Pameran Ilmiah Mahasiswa. Pameran diikuti oleh seluruh mahasiswa ITS melalui lembaga kemahasiswaan di tingkat jurusan ataupun komunitas studi di ITS.Kegiatan ini memamerkan hasil karya mahasiswa berupa barang jadi ,prototype ataupun pemodelan dari ide kreatif dan ilmiah mahasiswa. Barang ataupun model yang di pameran nantinya akan didukung oleh penunjukan fasilitas yang dugunakan dalam proses produksi barang tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh presentasi ilmiah yang mempresentasikan karya yang dipamerkan tersebut.

Selain ditujukan ke dalam internal ITS, banyak juga kegiatan yang ditujukan bagai kalangan masyarakat umum anatara lain Open Hause bagi pelajar SMU se-Jatim dimana pada kegiatan ini ITS berupaya untuk mensosialisasikan diri dengan memberikan informasi secara langsung. Seminar yang diadakan antara lain Seminar Riset dan Teknologi, Seminar Evaluasi Sistem Pendidikan dan Seminar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI). Seminar yang diikuti oleh mahasiswa dan umum ini akan membahas dan memikirkan bersama-sama masalah yang saat ini berkembang dan memikirkan solusinya pada bidang masing-masing.

Semua rangkaian kegiatan PIMITS V ini kemudian diharapkan mampu pula menjadi fasilitas komunikasi ITS kepada masyarakat sehingga masyarakat benar-benar mengerti peran ITS dalam perkembangan teknologi. Dan harapan terbesar saya adalah ITS mampu menajdi penghasil SDM yang mampu mengatasi segala permasalahan global.(rie)

Berita Terkait