ITS News

Selasa, 16 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Pilih Lagu Pop Atau Dangdut?

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ITS ke 44 semakin marak dengan diadakannya lomba karaoke pada Jum’at (8/10) di Plasa Dr. Angka. Acara yang diadakan bersamaan dengan lomba aerobik itu terbuka untuk seluruh civitas akademika ITS.

"Acara ini merupakan yang pertama di ITS, karena adanya kolaborasi antara panitia seni dengan panitia olahraga yang akhirnya menghasilkan agenda acara yang menarik untuk diadakan secara bersamaan," kata ketua panitia lomba karaoke Priyono.

Pendaftaran peserta lomba karaoke kali ini pun spontan. "Asalkan sudah siap dan bawa kaset sendiri, langsung daftar lalu tinggal nunggu giliran sesuai nomor urutnya," terang Priyono. Bagi yang berminat menjadi peserta, panitia membagi lomba ini ke dalam dua kategori. Kategori pertama adalah jenis lagu pop. Sedangkan kategori keduanya adalah lagu dangdut.

"Untuk lagu pop, kami juga membebaskan kepada peserta untuk menyanyi lagu pop Indonesia maupun pop mancanegara," ujar karyawan FTK ini. Sementara itu, kriteria penilaian untuk tiap kategori lagu sama. Seperti halnya aerobik, lomba karaoke kali ini juga menetapkan tiga kriteria untuk memberikan penilaian kepada peserta. Tiga kriteria tersebut meliputi kemampuan vokal, artikulasi dan performance.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh dewan juri, Yoga Saputra, saat ditemui di sekretariat panitia. "Yang namanya lomba karaoke yang pertama dinilai pasti suaranya. Namun, pada lomba kali ini kami ingin menambahkan penilaian terhadap artikulasi peserta," ungkap Yoga. Hal itu dimaksudkan agar peserta tidak salah dalam mengucapkan bunyi-bunyi abjad, tambahnya.

Sementara itu, penilaian terhadap performance, anggota Persatuan Artis Melayu dangdut Indonesia (PAMI) ini menjelaskan, penilaian tersebut hanya sebagai tambahan saja. "Untuk performance, yang kami perhatikan adalah gaya dia dalam membawakan lagu termasuk penjiwaannya terhadap lagu tersebut. Kalau penampilan, yang penting pantas dan sopan," kata Yoga.

Meski waktu pelaksaan lomba harus terpotong, namun peserta tetap semangat mengikuti jalannya acara hingga selesai. "Acaranya kami bagi menjadi dua tahap, yaitu pukul 9.45 sampai 10.45 dan dilanjutkan setelah salat Jum’at, mulai pukul 13.00 sampai 15.00. Nama-nama pemenang juga akan langsung kita umumkan di akhir acara nanti," jelas Priyono.

Lebih dari seratus orang peserta turut dalam acara ini, baik itu kategori pop maupun dangdut. Setelah memperhatikan kualitas peserta dengan perolehan nilai yang didapatnya, akhirnya dewan juri mendapatkan tiga pemenang untuk kategori lagu pop dari 86 peserta. Selain itu, didapatkan pula tiga orang pemenang untuk lagu dangdut dari total peserta 31 orang.

Tiga pemenang yang memilih kategori lagu pop adalah Nursari dari jurusan Despro yang berhasil menggondol juara pertama. Sedangkan juara kedua diterimakan kepada Hasikin. Juara ketiga untuk katerogi ini diraih oleh Sugeng Pranoto, SH dari BAUK. Untuk pemenang pada kategori lagu dangdut, juara I diraih oleh Tyas. Juara II dan III masing-masing diraih Elviera dari FMIPA dan Vita dari jurusan Teknik Kimia.

Masih soal lomba karaoke, para pemenang lomba karaoke kali ini berhak atas hadiah yang telah disediakan oleh panitia. "Hadiahnya nanti bisa diambil setelah diumumkan secara resmi oleh ketua pelaksana, Pak Indrajaya, bertepatan setelah jalan sehat hari Minggu besok," ujar Priyono.(sep/tov)

Berita Terkait