ITS News

Selasa, 05 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Pesantren Pelajar Se-Jawa Timur

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pesanten Pelajar se-Jawa Timur merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Ramadhan Di Kampus 1422 H. Kegiatan ini diadakan oleh Jamaah Masjid Manarul Ilmi (JMMI-ITS) bekerjasama dengan Lembaga Pembinaan Pelajar (LPP) Al Uswah Surabaya. Acara yang berlangsung pada hari Kamis-Minggu (22-25/11) di Asrama Haji Sukolilo ini diikuti sedikitnya 55 orang peserta dari beberapa kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Gresik, Malang, Ponorogo, Kediri, dan Sidoarjo.

Tepat pukul 13.30, Ketua Umum JMMI, Achmad Dafig, membuka acara pertama di Graha Bir Ali Asrama Haji Sukolilo. "Semula dijadwalkan Ketua TPKI ITS membuka acara ini, tapi karena ada keperluan mendesak, maka ketua umum JMMI yang membuka acara," jelas Dedy, selaku panitia.

Materi yang disampaikan, terdiri dari materi dinniyah dan manajerial. Materi dinniyah antara lain: Tauhid, Fiqh Puasa & I'tikaf, Siroh Shohabat, Citra diri pelajar muslim, Tazkiyatun Nafs, dan beberpa materi lainnya. Sedangkan materi manjerial disajikan dengan metode Kepemanduan seperti Pengenalan diri dan Team Work Building.

Peserta dibagi menjadi beberpa kelompok. Agaknya popularitas Usamah bin Laden mempengaruhi para peserta, karena nama Usamah banyak dipakai sebagai nama kelompk. Secara umum, para peserta sangat antusias dalam kegiatan ini, terutama dalam materi manajerial. Jadwal kegiatan yang cukup padat, membuat peserta tampak kelelahan. Betapa tidak, setelah materi selesai pada malam hari, dilanjutkan dengan evaluasi peserta dan panitia sekita pukul 22.00. Setelah itu peserta diberi kesempatan istirahat dan bangun pukul 02.00 untuk sholat tahajjud dan makan sahur bersama. Setelah Sholat Shubuh, diadakan Tadarus dan dilanjutkan Olahraga disekita Asrama Haji. Materi dimulai pukul 09.00 di aula Bir Ali lantai 2.

Pada malam terakhir kegiatan, diadakan apresiasi seni yang menampilkan kreatifitas peserta. Diantara mereka ada yang menampilkan Nasyid dan Puisi. Di hari terakhir, peserta diajak jalan-jalan dari asrama haji ke kampus ITS untuk selanjutnya mengikuti acara penutupan di Masjid Manarul Ilmi ITS. Dari beberapa peserta berharap kegiatan seperti ini bisa dilanjutkan pada masa-masa yang akan datang. (Akh/sa)

Berita Terkait