ITS News

Sabtu, 04 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Pernyataan Bersama Aksi Solidaritas Elemen Mahasiswa Islam ITS (*)

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seluruh elemen mahasiswa muslim ITS memutuskan pernyataan sikap bersama untuk Konjen AS di Surabaya, DPRD I Jatim, MUI Jatim, PWNU dan Muhammadiyah Jatim dengan harapan dapat ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait. Berikut adalah isi pernyataan sikap dari seluruh elemen muslim Mahasiswa ITS tersebut.

AKSI SOLIDARITAS UNTUK MUSLIM AFGHANISTAN

Bismillahirrohmanirrohim

Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Tragedi pada 11 September 2001 yang ditandai dengan ambruknya menara kembar WTC dan rusaknya Pentagon telah mengundang perhatian Internasional dan berhasil menggugah empati mereka. Kata 'teroris' yang disebarluaskan pers Barat dalam waktu sekejap menjadi populer diseluruh dunia. Sejak saat itu Pemerintahan Bush menyatakan perang terhadap terorisme dan menuduh Osama bin Laden berada di balik aksi penyerangan WTC dan Pentagon, tanpa meberikan bukti sedikitpun. Dan pada akhirnya pemerintahan Bush mencari-cari alasan untuk membenarkan penyerangan secara besar-besaran terhadap Afghanistan.

Akhirnya ancaman itu dibuktikan pada Senin, 8 Oktober 2001. Amerika Serikat telah membuktikan kecongkakannya sebagai 'Polisi Dunia' dengan membombardir kota Kabul dan Kandahar tepat pukul 24.00 WIB. Sebuah aksi militer yang menembus batas-batas kedaulatan sebuah negara dan melukai nilai-nilai kemanusiaan.

Atas serangan AS terhadap Afghanistan tersebut kami menyatakan sikap sebagai berikut :
1. Mengutuk keras serangan Amerika Serikat dan sekutunya terhadap Afghanistan dan menyeru untuk menghentikan serangan tersebut sekarang juga, karena serangan tersebut tidak memiliki dasar pijakan logika yang jelas dan bahkan jelas-jelas melanggar Hak Asasi Manusia.

2. Menyeru kepada segenap kekuatan Amerika Serikat dan sekutunya untuk menarik segala bentuk intervensi terhadap Afghanistan dan negara-negara sekitarnya.

3. Menyerukan kepada pemerintahan Megawati agar memberikan sikap yang tegas, dan menarik dukungan dalam bentuk apapun terhadap Amerika.

4. Menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya ummat Islam Indonesia untuk memberikan dukungan konkret kepada rakyat Afghanistan atas tragedi kemanusiaan yang melanda mereka.

5. Menyerukan kepada ummat Islam untuk mendoakan kaum muslimin Afghanistan agar terbebas dari teroris dunia, Amerika Serikat dan sekutunya, dengan Qunut Nazilah di setiap akhir raka'at shalat wajib 5 waktu.

Demikian pernyataan sikap ini kami sampaikan sebagai bentuk solidaritas dan tanggung jawab kami untuk memberikan pembelaan kepada segala bentuk penganiayaan terhadap Hak Asasi Manusia dan agar kita semua menyadari bahwa AS dan sekutunya tidak bisa semena-mena menunjukkan kesombongannya. Kita semua menyadari bahwa apa yang mereka lakukan adalah tindakan yang melanggar perikemanusiaan.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Surabaya, 21 Rajab 1422 H/ 9 Oktober 2001
Elemen Mahasiswa Islam Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Ahmad Dafiq
Ketua Umum Jama'ah Masjid Manarul 'Ilmi ITS

Adhe Priyambodo
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Fisika

Djoko Lelono
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Kimia

Edi Lianto
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Lingkungan

Kusnari
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Sipil

Geodi
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Elektro

Zainul Abidin
Ketua Umum Kajian Jurusan D3 Teknik Kimia

Rahdi
Ketua Umum Kajian Jurusan Biologi

Prayudho
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Mesin

Ade Reza
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Informatika

Anton
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Perkapalan

Imam S. Anggono
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Kelautan

Amrul Hakim
Ketua Umum Kajian Jurusan D3 Teknik Mesin

Yuli Hendrawan
Ketua Umum Kajian Jurusan Teknik Industri

Choirul Al Maliki
Ketua Umum Kajian Jurusan Kimia

Imam Mabrur
Ketua Umum Kajian Jurusan Desain Produk Industri

Andri
Ketua Umum Kajian Jurusan D3 Komputer Kontrol

Ainul yaqin
Ketua Umum Kajian Jurusan Fisika

Rahmat Murjito
Ketua Umum UKKI POLTEK ITS

* Sumber berasal dari press release yang dikirim ke ITS Online

Berita Terkait