ITS News

Selasa, 07 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Perlunya UPT Jaringan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Infrastruktur jaringan komputer di ITS dipandang sangat perlu. Ini terkait dengan peringkat ITS sebagai peguruan tinggi negeri terbaik ke-4 di Indonesia. Namun, kontribusi yang diberikan oleh institut ini belum menunjukkan hasilnya. Hal ini terlihat, jika ITS dibandingkan dengan ITB atau UI.

"Kalau di ITB mereka terkenal dengan prestasi akademisnya, sedangkan UI terkenal dengan lulusannya yang pandai berbahasa Inggris. Tetapi di ITS, ternyata tidak memiliki kedua-duanya.Inilah yang sekarang perlu direnungkan kembali,"jelas Dr. Mohammad Nuh, Rektor ITS, ketika membuka lokakarya jaringan, Selasa(22/4).

Selain itu, tambahnya, masalah bandwith menjadi tolok ukur dari sebuah institusi pendidikan seperti ITS, yang bergerak dalam bidang teknologi. Dan diharapkan ini juga bisa mendukung kualitas pengambilan keputusan, serta atmosfir akademik."Karena selama ini jaringan di ITS belum dimanfaatkan secara optimal,"tegasnya.

Salah satu kendalanya, ada sebagian jurusan yang mengelolah jaringan secara sendiri-sendiri. Untuk itu, semua pengelolah jaringan nantinya dilakukan secara terpusat. Meski harus memberikan suatu jaminan."Jaminan tersebut berupa kecepatan dalam mengakses, kontent yang baik, dan beberapa hal lainnya,"katanya menyakinkan.

Sementara itu, dalam lokakarya ini sendiri ada yang baru sebagian ketua jurusan atau kepala biro yang hadir. Misalnya, para peserta mengisi kertas kosong mengenai permasalahan apa saja yang berkaitan dengan jaringan di ITS. Kemudian tulisan tersebut dikelompokan menjadi beberapa pokok masalah. Lantas diambil point terpenting dari tiap-tiap kelompok permasalahan tersebut.

"Bapak, bisa menuliskan permasalahan yang menurut pandangan bapak menjadi masalah di jurusan,"jelas Ir.Daniel M.Rosyid, PhD, sebagai moderator dalam lokarya jaringan ini. Dan metode itu tidak hanya dgunakan untuk merumuskan masalah melainkan juga untuk merencanakan tujuan dan tindakan kedepan serta biayanya.

Akhirnya lokakarya menghasilkan kesepakatan tentang pembentukan lembaga setingkat UPT yang khusus menangani permasalahan jaringan di ITS. Pembentukan UPT ini rencananya akan dibicarakan dalam bulan Mei ini.(rom/har)

Berita Terkait

ITS Media Center > Berita Utama > Perlunya UPT Jaringan