ITS News

Minggu, 27 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Perlu, Revisi Pemikiran Generasi Muslim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Fenomena sehari-hari di masyarakat menunjukkan bahwa generasi muda muslim saat ini sudah banyak mengalami degradasi akhlak atau moral yang tidak baik, hal ini tentu saja tidak sejalan dengan akidah Islam. Namun sangat ironis sekali jika kaum muda sudah tahu tidak sesuai lagi dengan ajaran Islam tapi masih saja diikuti, mengapa ?. Akankah ada perubahan ke arah yang lebih baik pada generasi muda muslim sekarang ?

Dalam seminar muslimah dengan tema "Menggugah Kepedulian Generasi Muda Islam Menuju Ummat Yang Tangguh", diadakan oleh Kajian Bersama Statistik dan Matematika (Karisma) terjawab sudah dan juga dikupas tuntas, Sabtu (22/3).

Menurut Alfiah, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh seorang kaum muda muslim untuk dapat mengubah kehidupan ke arah perubahan yang berarti. " Diantaranya adalah orang-orang yang memiliki skill dan intelektualitas untuk menegakkan Islam," ujarnya. Sudah tentu kaum muda, terutama mahasiswa adalah kaum intelektual, namun harus pula mempunyai pola sikap serta pola piker Islamiyah dalam segala aspek kehidupan di masyarakat.

"Kiranya perlu adanya revisi pada kaum muda muslim sebagai harapan generasi yang tangguh untuk menagkis segala tantangan saat ini dengan selalu berpola sikap dan pikir Islamiyah," papar Uswatun Hasanah S.Kom, pembicara lain acara ini.

Menurut Lely, ketua panitia acara ini, "Sedini mungkin generasi muda muslim saat ini harus disatukan visi dan misi hidup!," tegas mahasiswi angkatan 99 ini. Hal ini dikatakannya karena arah hidup generasi muda sekarang sudah kabur dan sangat bertolak belakang dengan ajaran Islam, sehingga harapan kaum muda sebagai "agent of changes" Islam sudah tidak jelas serta tak terarah lagi. "Membangun jiwa dan semangat untuk menyatukan visi serta misi hidup tidak lain tetap berjalan teguh pada Allah SWT," pungkas mahasiswi Statistik’99 ini. (mut/har)

Berita Terkait