ITS News

Minggu, 27 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Pentingnya Koordinasi Berbagai Pihak dalam Implementasi IT di Era Otoda

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah merubah pola dan cara kegiatan bisnis di industri, perdagangan, dan pemerintahan. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi serta masyarakat informasi informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Karena itu kemampuan keterlibatan secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa. Hal ini disampaikan Kadinas Infokom Jatim, Drs. Akhmadsyah Naina, pada seminar nasional di ITS (30/8).

Seminar ini mengambil tema "Peranan Teknologi Informasi Dalam Rangka Implementasi Otonomi Daerah". Dari penyelenggaraan seminar ini diharapkan agar kalangan industri, lebih konsentrasi pada software sehingga industri yang ada di daerah lebih maju.

Sekjur Teknik Industri, Ir. M. Suef, M.Eng.Sc., menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan untuk menghubungkan antara industri besar dan kecil. Kasus yang beliau contohkan adalah ada sebuah industri kecil di Waru yang membutuhkan software. Dan software tersebut ada di Kanada milik industri besar. Dari kasus tersebut maka diperlukan penghubung yang berfungsi menghubungkan antara supply dan demand pemilik industri kecil dan besar.

Kebutuhan akan informasi kini dengan cepat dapat diperoleh melalui internet. Salah satu peran yang dimainkan peran pemerintah dalam perdagangan (e-Government). Mengenai pelaksanaan e-Government ini masih dipertanyakan kesiapan pemerintah dalam menerapkan arti e-Government yang sesungguhnya.

Seminar yang dihadiri 151 peserta ini direncanakan akan ada kelanjutannya. Seperti penyediaan infrastruktur, perubahan mental, dan perubahan paradigma di pemerintahan untuk lebih bersifat melayani. Untuk itu perlu kajian yang cukup matang. (nl)

Berita Terkait