ITS News

Sabtu, 26 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

PENS ITS Buka e-Learning IT Pertama di Jatim

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya(PENS)rupanya tak ingin ketinggalan dengan universitas lainnya di Surabaya yang melakukan terobosan dalam pendidikan IT. Tak tanggung-tanggung terobosan yang dibuat PENS yaitu peluncuran e-learning IT dengan kerjasama ganda yaitu PENS dengan IBU Teledukasi yang berafiliasi dengan Universitas Tun Abdul Razak(UNITAR) Malaysia.

Kerjasama ini akan berlangsung dalam jangka waktu 5 tahun. Hadir dalam penandatanganan MoU tersebut wakil dari IBU teledukasi, UNITAR Malaysia serta direktur PENS Dr.M.Nuh, DEA.

"Untuk sementara kita buka hanya Bachelor IT saja karena jurusan IT disini ada" ujar Ir. Anang Tjahjono,MT. selaku Assistant Director for Industrial Relation PENS ITS. Program e-learning ini tatap muka konvesional akan berjumlah 30% sisanya bersifat distance dengan bahan ajar dan tutorial memanfaatkan CD dan internet sebagai sarananya. Alokasi 30% tersebut digunakan untuk UTS, UAS dan konseling.

Program ini memang didesain bagi orang yang sudah bekerja bahkan juga membuka kesempatan bagi siswa SMU kelas 3 yang belum lulus untuk memulai kuliah lebih awal dengan mengambil mata kuliah umum terlebih dahulu. UNITAR Malaysia akan lebih bersifat technical asisstanship kurikulum saja, perkuliahan akan diadakan sepenuhnya di PENS dengan bahasa pengantar Indonesia, biaya rupiah serta kualitas dosen pengajar terbaik PENS.

Ada juga program lepas bagi umum atau mahasiswa yang berminat dibidang IT dan bersifat distance learning juga. "Semua sertfikat dikeluarkan terakreditasi oleh UNITAR dan PENS. Gelarnya saja Bachelor" tukas Anang yang menjabat Asdir IV PENS ITS selama 2 tahun. Menyinggung adanya program lainnya yang telah berjalan antara lain program D-IV guna mendidik tenaga dosen poltek ia berujar bahwa program tersebut terus berjalan dan bekerjasama dengan BAF Jerman. Program tersebut juga pesanan khusus dikti.

Ada banyak program yang bersertifikasi internasional yang juga ditawarkan PENS antara lain program sertifikasi dari SUN operating system Internasional Singapura. Peluncuran e-learning kemarin (12/6) merupakan salah satu rangkain acara ulang tahun PENS yang ke 15. Untuk acara tanggal 14 Juni besok lomba robot tingkat SMU dan juga acara pelatihan yang diadakan pada bulan Juni ini juga.(blh/bch)

Berita Terkait