ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Penolakan BEM Tidak Ubah Jadwal Debat Capres

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Meski Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Presidium Mahasiswa ITS menolak acara debat calon presiden (capres) yang akan diadakan besok jam 8, panitia penyelenggara tetap akan melaksanakan acara tersebut sesuai dengan jadwal yang telah diagendakan.

Secara tegas, BEM dan Dewan Presidium Mahasiswa ITS menolak agenda acara tersebut karena dianggap tidak sesuai dengan UU no.38. "Bahkan Pak Nuh sendiri pernah menyampaikan bahwa ITS akan bersikap netral dalam menyikapi segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan pemilu dan kampanye," ujar Rendra Sanjaya, Presiden BEM ITS.

Menurutnya, meskipun berupa acara diskusi ilmiah kependidikan ataupun dialog interaktif, namun tidak menjamin bahwa capres yang hadir tidak akan menyampaikan visi dan misi. "Penyampaian visi dan misi itu sudah termasuk kegiatan kampanye," ungkap Rendra.

Selain itu Rendra menyebutkan bahwa kampanye capres dilarang melibatkan PNS dan menggunakan institusi pendidikan. Hari ini, rektorat dan BEM kembali berdiskusi dan pihak mahasiswa telah menawarkan solusi untuk panitia agar mengadakan di luar lingkungan ITS, tambahnya.

Selain memberikan usulan tersebut BEM dan Dewan Presidium Mahasiswa ITS sepakat untuk tidak menghadiri acara tersebut. "Sore ini kami akan membicarakan aksi lain untuk menolak acara itu. Yang jelas, aksi kami nanti tidak hanya sekedar demonstrasi, tapi akan mengarah ke pendidikan politik bagi masyarakat," kata Rendra.

Sementara itu, ketua panitia acara debat capres, Ir. Imam Prayogo, menyesalkan keputusan yang dibuat BEM dan mahasiswa. Menurutnya, acara ini adalah acara langka dan suatu kesempatan bagi mahasiswa ITS untuk dapat berdialog langsung dengan para calon pemimpin bangsa. "Kami sudah siapkan seratus kursi khusus untuk mahasiswa dari tiga ratus kursi yang tersedia didalam ruangan," tutur PD III FTSP ini.

Menurut Imam, bahwa ITS telah mengundang semua capres berikut cawapresnya. Namun karena sesuatu hal tiga diantaranya berhalangan hadir. Dipastikan, capres yang akan hadir dalam acara itu adalah pasangan Amin-Siswono dan Wiranto-Gus Solah. "Untuk mengantisipasi jumlah massa yang datang kami akan memasang TV ditiga tempat, yaitu di Plasa DR. Angka, didepan rektorat dan didepan gedung pasca sarjana," kata Imam.

Untuk masalah pengamanan acara, selain satpam ITS, pihaknya juga bekerja sama dengan Polsekta Sukolilo. Sedangkan untuk teknis pelaksanaan, TPI turut berperan mulai persiapan hingga pelaksanaan acaranya. Bahkan, acara debat capres kali ini akan ditayangkan tunda oleh TPI pada Minggu (20/6) jam 21.30 dalam acara Uji Calon Presiden.(sept/har)

Berita Terkait