ITS News

Minggu, 27 November 2022
15 Maret 2005, 12:03

Pendaftaran Sampai Malam

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Seiring dengan persaingan image antar universitas di Indonesia membuat ITS ingin lebih meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat pada umumnya dan calon mahasiswa pada khususnya selain memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memperoleh pendidikan tinggi di luar jalur SPMB.

Bentuk pelayanan yang bagaimanakah yang diberikan ITS? Salah satu jawabannya dapat terlihat dari adanya sistem pendaftaran baru untuk program S1 Ekstensi, D3 Reguler dan Ekstensi serta Politeknik Reguler. Seperti yang diutarakan Neni,"Saya baru pertama kali kesini. Jadi ya kurang tahu seluk beluk pendaftaran. Untungnya ketika saya bertanya tentang tata cara pembelian formulir pendaftaran langsung diberitahu dengan jelas alurnya. Dan ternyata begitu mudah".

Calon Mahasiswi asal Lamongan ini mengaku masih belum menetapkan pilihannya mau kuliah di jurusan apa. Sehingga masih harus menunggu beberapa waktu lagi untuk berpikir."Nanti formulir ini akan saya kembalikan malam hari saja. Lha wong masih dibuka kok walaupun malam hari," lanjutnya sambil sesekali melirik ibunya yang ikut mengantarkan.

Sedangkan untuk alur pendaftarannya dimulai dari membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,00 di Bank BNI yang bertempat di Ruang Kaca, Kantin pusat ITS sekaligus mendapat formulir pendaftarannya. Selanjutnya bagi yang bernomer pendaftaran ganjil, dapat melakukan pengisian dan penukaran formulir di KPA Dr. Angka sedangkan pendaftar bernomer genap bisa segera menukar formulirnya di Politeknik Elektronika. Hanya saja seperti kasus Neni diatas yang ingin menukarkan formulir pada malam hari, ITS menyediakan tempat di KPA. Dr. Angka yang dibuka mulai pukul 17.00 sampai 21.00 WIB.

"Memang tahun ini ITS memanjakan calon mahasiswanya dengan segala bentuk kemudahan yang didapat dalam rangkaian proses pendaftaran yang mudah," kata Mahmud M.Noor, bagian informasi seputar D3 dan Ekstensi.

Hal ini dilakukan mengingat dulu ada banyak keluhan dari orang tua pendaftar yang mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran. Meskipun malam hari juga tetap dilayani. "Kenyataannya lumayan banyak yang daftar malam hari," tambah beliau yang kesehariannya bekerja di bagian administrasi FTI.

Keuntungan lain yang didapat yaitu boleh memilih 4 prodi yang mana urutan pilihan menunjukkan proiritas. Sekarang sistemnya kelompok A dan kelompok B, maksimal 2 pilihan untuk setiap kelompok. Sedangkan pembagian kelompoknya telah diatur dalam buku pedoman pengisian formulir yang diberikan saat pembelian formulir.

Harapan yang ingin dicapai ITS tidak lain adalah ingin memberi kesempatan belajar dengan waktu yang fleksibel bagi mereka yang bekerja dan berkeinginan menambah kemampuannya di bidang keilmuan dan keteknikan tertentu.(amb/rom)

Berita Terkait