ITS News

Minggu, 04 Desember 2022
15 Maret 2005, 12:03

Peduli Terhadap SDA Mengantarnya Menjadi Profesor hingga PR I ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Tinjauan Teknis Tanah Gambut dan Prospek Pengembangan Lahan Gambut yang Berkelanjutan." Itulah kalimat singkat yang diambil oleh Noor Endah sebagai judul hasil penelitiannya yang dibacakan saat pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar ITS, 21 Oktober 2002 lalu.

Penelitiannya berawal dari kepedulian Noor Endah terhadap sumber daya alam (SDA) di Indonesia yang dibiarkan begitu saja. Dirinya sangat menyayangkan adanya lahan gambut yang begitu luas dan tak seoranpun yang mampu atau bahkan mau memanfaatkannya. Menurut pengamatannya, lahan gambut yang ada saat ini tidak mungkin dipertahankan dalam bentuk aslinya. Hal ini mengingat semakin meningkatnya kebutuhan manusia akan pangan dan papan. Oleh karena itu, pemanfaatan lahan gambut perlu dilakukan dengan benar.

Penelitian yang dilakukan oleh dosen tetap jurusan Teknik Sipil ITS itu ternyata membawa hasil yang sangat memuaskan. Karena penelitiannya itu tidak hanya bisa membawa manfaaat tapi juga mengantarnya duduk di jajaran Guru Besar ITS. "Sebenarnya penelitian itu sebagai Tri Dharma saya selama ini," ungkap wanita kelahiran Porong, 8 Juli 1951 ini.

Dalam penelitiannya itu dijelaskan tentang banyak hal seputar lahan gambut yang selama ini jarang atau bahkan tidak pernah diketahui oleh masyarakat awam. Salah satunya adalah tentang kelebihan tanah gambut dibandingkan dengan tanah lempung. Beberapa hal diantara kelebihan tanah gambut adalah kadar air,angka pori,kadar gas,keasaman,kadar abu dan kadar organik. Perlu diketahui bahwa kadar organik tanah gambut di Indonesia mencapai 95%sampai 99%. Hal ini sangat penting untuk diketahui khususnya oleh masyarakat petani.

Dengan keberhasilan yang telah diraihnya, ibu dari Fatma Nuriyanti-putri tunggalnya-ini tidak cukup puas. Semakin banyak kegiatan lain yang dilakukannya untuk menghasilkan penelitian lain yang lebih bermanfaat lagi.

Lebih dari itu, menyusul keberhasilannya dalam menduduki jabatan fungsional di ITS, istri dari Prof Ir Indrasurya Budisatria Mochtar,M.Sc,Ph.D, yang juga ketua jurusan Teknik Sipil ITS, saat ini telah berhasil menduduki jabatan di rektorat sebagai Pembantu Rektor I ITS yang pengangkatannya telah dilakukan beberapa hari yang lalu.(m2/har)

Berita Terkait