ITS News

Selasa, 09 Agustus 2022
15 Maret 2005, 12:03

Peduli Gempa, ITS Adakan Pelatihan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Salah satu bentuk kepedulian ITS terhadap bencana alam yaitu dengan mengadakan Pelatihan Kesiapan dan Tanggap Darurat. Acara ini merupakan kerjasama antara UNICEF PBB, Pusat Study Bencana ITS dan Bakornas PBP. Selama tiga hari mulai Selasa (14/12) kemarin, puluhan peserta dibekali dengan informasi dan penyuluhan tentang bencana alam.

Steve Adlin, pembicara dari UNICEF mengatakan alasan badan PBB ini terlibat dalam acara ini. "Kita ingin bantu Pemda untuk meningkatkan kinerja Satlak agar lebih terdengar kegiatannya." Satlak – satuan pelaksana – merupakan institusi PBB di tingkat kabupaten atau kota, sedangkan internasionalnya berbentuk UNICEF dan UNHCR. Lebih lanjut, beliau menjelaskan keinginannya untuk mengembangkan kegiatan ini di Indonesia Timur. "Kalau di ITB sudah baik tapi untuk bagian timur ITS-lah yang potensial."

Sedangkan keterkaitan badan yang menangani masalah anak-anak ini dengan bencana alam dipaparkan lebih detail olehnya. Dalam setiap konflik anak-anak harus terlindungi. "Mereka tetap dapat haknya walaupun terjadi bencana", jelas orang yang telah 24 tahun terjun di UNICEF ini. Selama ini, jika terjadi bencana alam, anak-anak sering terabaikan. Ini dibuktikan dengan bantuan yang di terima korban umumnya berupa obat, beras, dan sejenisnya. Jarang sekali ada makanan bayi dan susu. "Masak anak kecil diberi nasi, kan nggak cocok," komentarnya lagi. Karenanya, pengenalan terhadap korban perlu dilakukan sehingga bantuan dapat diberikan dengan benar. (m1/rin)

Berita Terkait