ITS News

Minggu, 26 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

PASUTRI GURU BESAR ITS TAMBAH LAGI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Graha ITS, ITS Online. Pasangan guru besar ITS bertambah lagi. Jika beberapa bulan yang lalu ada pasangan Prof. Indrasurya dan Prof Noor Endah, kini bertambah satu dengan pasangan Prof. Ir. Mas Santoso, Msc Phd dan Prof. Ir. Happy Ratna Santosa, Msc Phd.

Berbeda dengan pasangan pertama yang langsung dikukuhkan bersamaan. Prof. Happy terpaksa menunggu setahun lebih. Pengukuhan Prof Mas Santoso akhirnya berlangsung juga siang kemarin (05/02).

"Alhamdulillah. Kini ITS sudah melakukan loncatan besar. Jika dulunya sedikit guru besar, secara perlahan makin banyak, " sambut Prof. Soegiono saat memimpin rapat senat terbuka.

Memang. Sebulan terakhir ini saja, ITS berhasil mengukuhkan lima guru besar. "Mudah-mudahan saja ini gejala positif dan makin banyak yang termotivasi, " terang Prof Soegiono yang untuk kelima kalinya pula dalam sebulan memimpin rapat senat terbuka.

Dalam orasi ilmiahnya, Mas Santoso mengambil tema : "Totalitas Arsitektur Tropis Tradisi, Modernitas, dan Teknologi ". Menurutnya, ada semacam keterkaitan antara iklim tropis dengan rancangan arsitektur sebuah bangunan. "Fenomena ini tergolong unik dan rumit, " jelas Mas Santoso.

Persoalan mendasar di iklim tropis ini adalah persoalan suhu atau panas. "Suhu jelas mempengaruhi bentuk bangunan, tatanan ruang, dan konstruksi bangunan. " kata mantan PR IV ITS ini.(ryo)

Berita Terkait