ITS News

Kamis, 30 Juni 2022
15 Maret 2005, 12:03

Open House ITS menarik minat siswa SMU

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Mas, apa fungsi alat spektroskopi ini," tanya seorang peserta open house dari SMU 15 Surabaya. Rasa ingin tahu ini muncul ketika melihat sebuah tabung yang berukuran besar. Ditambah dengan beberapa plat film yang terdapat gambar garis-garis terletak di sebelah tabung besar tersebut. Inilah suasana ketika mereka (peserta open house,red) melakukan kunjungan ke Laboratorium Spektroskopi Jurusan Fisika ITS.

Peralatan spektroskopi merupakan alat yang dapat mengetahui unsur dari suatu bahan. Prinsip yang digunakan adalah dengan memanfaatkan panjang gelombang yang dimiliki oleh unsur-unsur tersebut, karena setiap unsur mempunyai panjang gelombang yang bebeda antara unsur yang satu dengan yang lainnya. "Dengan panjang gelombang yang berbeda ini kemudian dilakukan analisa dengan standart panjang gelombang unsur," jelas Hanif, seorang asisten laboratorium tersebut.

Dengan penjelasan tersebut cukup membuat rasa ingin tahu dari peserta open house merasa terpuaskan. Pasalnya karena terbatasnya waktu yang disediakan panitia hanya 15 menit. Jadi untuk mengetahui lebih detail mengenai peralatan tersebut tidak mungkin. Namun, dengan penjelasan yang singkat tersebut cukup untuk menambah wawasan dan pengalaman dari peserta open house.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Pembantu Rektor III, Ir.Soemartojo,MT., Dalam open house ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Disamping untuk memperkenalkan laboratorium-laboratorium yang ada di ITS kepada masyarakat. "Semoga harapan dan tujuan dari kegiatan ini dapat tercapai," harapnya.

Disamping itu, Dra.Wahyuni, guru BK dari SMU 1 Mojosari-Mojokerto, bertutur kepada ITS Online agar kegiatan ini tetap diadakan setiap tahunnya. Karena manfaat yang diperoleh oleh para murid-murid SMU sangat banyak. Antara lain, mereka akan mulai berpikir mengenai rencana mereka setelah lulus nantinya. "Dengan demikian, mereka akan tuntut lebih serius dalam belajar agar dapat mencapai harapan yang diinginkannya," kata guru lulusan IKIP Malang ini.

Dan perlu diketahui juga, kegiatan open house ini diikuti oleh SMU se-Jawa Timur. 3 SMU dari luar kota ; SMUN 2 Nganjuk, SMUN 2 Sidoarjo, dan SMUN 1 Mojosari. Ditambah dengan 6 SMU se-Surabaya.(rom/bch)

Berita Terkait