ITS News

Senin, 26 September 2022
15 Maret 2005, 12:03

NGN, Jaringan Komunikasi Canggih

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Perkembangan teknologi komunikasi semakin canggih. Dan tak tertutup kemungkian untuk menggabungkan antara komunikasi suara, televisi, internet dan beberapa aplikasi multimedia yang lainnya.

Dan tampaknya, kesemuanya itu sudah diterapkan oleh Siemens, sebagai salah satu perusahan yang bergerak dibidang IT. Hal ini terungkap, saat Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HIMATEKTRO ) ITS mengadakan kuliah tamu dengan pembicara Ir. Rochmad Prihartanto,Asisten Manager PT. Siemens Indonesia

Menurut beliau,"Kalau anda mengalami kebuntuan dalam mempelajari teknologi, gunakan saja "common sense" (akal sehat,red),"katanya ketika setelah menerangkan bagaimana cara mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat.Pasalnya, kebanyakan orang sering melupakan hakikat dari suatu permasalahan. "Padahal, dari itulah kita bisa mengembangkan kemampuan diri,"tambahnya.

Kegiatan yang digelar mulai pukul 10 pagi ini, cukup menarik perhatian dari mahasiswa elektro. Karena tema "Next Generation Networking (NGN) dan Driver" berkaitan dengan bidang mereka."NGN itu sendiri merupakan semacam jaringan yang dapat menggabungkan data dan voice dalam satu saluran,"Ujar alumnus Teknik Elektro ITS ini.

Sistem ini, biasanya dimanfaatkan untuk menikmati akses telepon, televisi, internet dan fasilitas komunikasi lainnya dalam satu "number".Sehingga akan memudahkan pengguna di masa mendatang."Ini merupakan keunggulkan pengembangan NGN,"tegasnya.

Disamping itu, Rochmad, juga menyinggung soal kualitas lulusan ITS. Ia tidak meragukan sumber daya manusia yang dimiliki oleh alumni ITS. Hanya saja, ia menyarankan pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dan mengekspresikan diri. "Sering saya temui para pelamar lulusan ITS ketika diwawancarai, hanya bisa ah..ehm saja saat berbicara dalam bahasa Inggris."Ceritanya. "Orang Indonesia kalah dengan orang India dalam hal mengekspresikan dirinya , orang India mampu menceritakan apa yang terjadi pada dirinya sehari ini, sedang kita cenderung malu-malu," jelasnya.(m5/rom)

Berita Terkait