ITS News

Minggu, 02 Oktober 2022
15 Maret 2005, 12:03

.NET dan Wi-Fi Memikat Mahasiswa ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk kesekian kalinya ITS menggelar kegiatan bekerjasama dengan MUGI ( Microsoft User Group Indonesia). Event kali ini membahas NET (baca dot NET), platform pengembangan software dari Microsoft. Peserta yang hadir cukup banyak bahkan ruangan theatre PENS terasa sesak. Padahal untuk hadir di acara tersebut mereka harus mengeluarkan uang Rp. 60.000,- yang cukup besar untuk ukuran mahasiswa.

Acara kali ini dibagi menjadi 4 bagian. Sesi pertama dipaparkan materi tentang .NET, teknologi pengembangan perangkat lunak terbaru dari Microsoft. Henry Leonardo, National .NET Ambassador, memaparkan materinya dengan diselingi humor. Henry memberikan gambaran tentang keunggulan .NET. "Apalagi yang diinginkan seorang programmer," ujar Henry, alumnus Bina Nusantara, menjelaskan menfaat .NET. Teknologi ini, lanjutnya, memberi berbagai kemudahan dalam pembuatan aplikasi. .NET memudahkan dalam pembuatan program dan instalasi serta cocok bagi pemula, karena tampilan visualnya yang menarik.

Bagian kedua berupa materi tentang Perkembangan Teknologi Seluler yang diberikan oleh Ir. Suwiknyo, Kepala Divisi Regional Timur Indosat . Suwiknyo menjelaskan perkembangan telepon seluler mulai dari awal kemunculannya, yang masih berukuran besar dan hanya bisa melakukan komunikasi suara, hingga telepon seluler saat ini yang bisa mengirim gambar dan video. Suwiknyo juga menjelaskan prospek bisnis apa saja yang bisa dikembangkan dalamdunia seluler. Prospek yang cukup besar menurut alumni Teknik Elektro ini antara lain game, yang mudah dibuat dan ada permintaan besar dari konsumen.

"Selain itu teknologi seluler juga banyak digunakan untuk kegiatan akademik misalnya SMS akademik. Ini memungkinkan mahasiswa maupun orangtuanya mengetahui informasi tentang kampus," jelas Suwiknyo. Hal ini, lanjutnya, sudah dilakukan dibeberapa kampus seperti STIKOM

Selepas istirahat makan siang acara dilanjutkan dengan sesi demo aplikasi seluler untuk video streaming, yang dilakukan oleh Sumantri Joko Yuwono,Koordinator Teknik Indosat Surabaya. Dengan aplikasi ini seseorang bisa mengetahui kondisi tempat lain lewat ponselnya. Dalam demo ini, Sumantri memantau kondisi kantornya sekaligus bercakap dengan salah satu pegawainya . Menurut Sumantri, yang juga alumni ITS ini aplikasi ini banyak diminati pengusaha yang ingin memantau kondisi Pabrik dan kantornya.

Bagian keempat dari seminar ini adalah "pembuktian" dari kemudahan pemakaian teknologi .NET. Henry Leonardo mendemonstrasikan begaimana membuat aplikasi sederhana database dengan Visual Basic hanya dalam beberapa menit.(ar/har)

Berita Terkait