ITS News

Rabu, 08 Februari 2023
15 Maret 2005, 12:03

Mudah Mencari Orang Pintar, Tapi Sulit Mencari Orang Benar

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sambutlah bulan puasa…
Bulan yang amat mulia…
Dengan hati gembira, kita sambut puasa…

Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari lagi, akan tetapi suasana Ramadhan sudah terasa tatkala ceramah agama menyambut bulan suci Ramadhan pada tanggal 8/11/01 oleh Drs.Ali Maschan Muso, MSi di ruang seminar FTK.

Kesenjangan teknologi antara desa dan kota saat ini sangat terasa, hal itulah yang membuka dialog interaktif. "Saat ini mencari orang yang pintar sangatlah mudah, akan tetapi sangatlah sulit mencari orang yang benar," katanya berapi-api. Lebih lanjut Beliau mengupas masalah Ramadhan itu sendiri.

"Ramadhan dalam bahasa Indonesia berarti membakar atau menghapus dosa, karena itulah Rasulullah menganjurkan umatnya untuk banyak membaca do'a," jelasnya."Akan tetapi sebagai umat kita harus memenuhi syarat-syarat yang diberikan terlebih dahulu, yakni kita harus menunjukkan respon yang baik atau merasa senang akan kehadiran bulan suci Ramadhan. Kemudian kita harus memperbanyak bersedekah, dan yang terakhir banyak-banyaklah memohon ampunan Allah," ungkapnya.

"Akhir-akhir ini banyak yang memperdebatkan penentuan Ramadhan itu sendiri. Memang banyak cara yang dapat ditempuh untuk menentukannya, yang pertama dengan melihat bulan atau yang lebih dikenal dengan rukyah dan yang kedua dengan perhitungan hari atau biasa disebut hisab. Perbedaan tersebut seharusnya tidak perlu diperdebatkan, semua itu tergantung pada yang menjalankan. Yang penting di sini adalah mana yang lebih diyakini, ya itulah yang dijalani." katanya dengan bersemangat.

Selanjutnya Beliau menjelaskan klasifikasi ibadah,"Ibadah dapat dibedakan menjadi 6 macam. Yang pertama adalah ibadah ucapan, kedua adalah ibadah jasmaniah/fisik, ketiga ibadah yang menggabungkan jasmaniah dan ucapan, yakni shalat, keempat ibadah meluangkan harta benda/amaliah/infaq. Dalam infaq sendiri dibedakan menjadi 2, yakni infaq wajib dan infaq sunnah. Kelima yaitu ibadah pengendalian/menahan diri, yakni puasa dan yang terakhir yaitu campuran semua ibadah yaitu ibadah haji."

Dialog interaktif yang memang dikemas untuk menyambut bulan suci Ramadhan tersebut diakhiri dengan session tanya jawab yang disambut baik oleh peserta yang memang mempunyai banyak pertanyaan seputar Ramadhan.
(yud/rif)

Berita Terkait