ITS News

Sabtu, 02 Juli 2022
15 Maret 2005, 12:03

Minta Kejelasan Status;Kopma ITS BERUNDING

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Satu kemajuan berhasil dicapai Kopma 'Dr. Angka' kali ini. Setelah bertahun-tahun berjalan tanpa kejelasan status, akhirnya hari ini (11/06) koperasi milik mahasiswa ITS itu mendapatkan titik terang. Hal itu tercapai saat pertemuan antara Direksi Kopma 'Dr. Angka' dengan bidang kemahasiswaan PR III.

"Ini langkah penting. Sudah semenjak 1994 berdiri, akhirnya baru sekarang diakui sebagai unit kegiatan mahasiswa, " papar Novian Kusuma, Direktur Utama. Semenjak berdiri 1994, Kopma ITS belumlah memiliki pengakuan yang jelas dari pihak ITS. Padahal semenjak 1995 unit kegiatan ini telah mengantongi status badan usaha. Selama ini ITS terus mengambangkan masalah ini. "Dari dulu sikap tidak bisa ditentukan, apakah Kopma itu sebagai unit usaha atau unit kegiatan mahasiswa, " tegas Novian.

Walaupun belum keluar keputusan akhir, Kopma bakalan mendapat status sebagai unit kegiatan mahasiswa (ukm),yang menjalankan usaha. Usaha yang dilakukan berkisar pada lingkungan kampus ITS. "Kalau begini sudah jelas, Kopma kini memiliki kepastian dalam hak maupun kewajiban, " seloroh Adi, Direktur bidang Pembinaan Sumber Daya Anggota (PSDA).

Pertemuan tersebut memang diadakan sengaja membahas seputar kegiatan Kopma di ITS. Dari pihak kemahasiswaan diwakili langsung Kabag Kemahasiswaan Drs. Mustiko aji.Kesempatan ini bagi pihak ITS sendiri sambutan yang antusias. Selain dalam rangka pembenahan administrasi di masa datang, diharapkan antara Kopma dan ITS sendiri terjalin kerjasama yang aktif. "Kopma butuh ITS dan ITS butuh Kopma dalam rangka pengembangan kampus, " tutur Tutus Wibowo, staf kemahasiswaan yang juga turut terlibat.

Dengan status sebgai UK, Kopma memiliki hak dan kewajiban. Haknya antara lain mendapatkan pengakuan dan perlindungan dari pihak ITS. Kewajibannya memberikan laporan jelas tentang perkembangan usaha selain memberikan kontribusi pada pihak Institut. "Ini pertemuan awal yang baik. Kita berdua merasakan kemajuan, " tambah Tutus. (ryo/rom)

Berita Terkait