ITS News

Jumat, 27 Januari 2023
15 Maret 2005, 12:03

mesin park session 5: penonton puas !!

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara yang bertajuk Mesin Park Session (MPS) sebenarnya merupakan program tahunan arek-arek Himpunan Teknik Mesin ITS. Akan tetapi karena beberapa sebab, sempat mengalami ke-vakum-an penyelenggaraannya yang kelima. Baru tahun ketiga, atau tahun 2002 ini, MPS 5 bisa diselenggarakan. Acara akbar ini merupakan ajang unjuk kebolehan bagi group-group band, khususnya di Surabaya.

Kemarin (16/02/02), acara tersebut dimulai pukul 12.00 WIB. Padahal di pamflet maupun pengumuman yang di sebarkan, ditulis acara dimulai pukul 09.00. Mungkin karena harus persiapan dan segala macamnya sehingga mengharuskan panitia untuk memundurkan acaranya, atau memang mungkin disengaja oleh mereka untuk menarik massa yang sebanyak-banyaknya, tapi hal tersebut tak jadi soal karena acara MPS 5 benar-benar bisa memuaskan penonton.

Siang hari acara dibuka dengan penampilan band-band hasil seleksi yang diadakan tanggal 2 dan 3 Februari kemarin. Untuk siang hari pihak panitia memberikan tontonan secara gratis, dan baru ada tiket masuk untuk pertunjukan malam hari, karena memang band-band yang tampil pada malam hari merupakan band-band pilihan.

Mungkin karena cuaca mendung sehingga penonton di siang hari terlihat sepi pengunjung, berbeda sekali suasananya ketika malam hari, dimana pengunjung begitu rapat memadati area sekitar panggung yang memang sengaja didirikan di atas kolam cinta, demikian arek-arek ITS menyebutnya, yang terletak di antara jurusan Teknik Lingkungan, Statistika dan Teknik Elektro.

Suasana panggung sangat indah sekali di waktu malam hari, ditambah dengan pijaran lilin di sepanjang sungai menambah indah suasana. Didukung dengan penampilan band-band yang bermain sangat prima, sehingga pononton benar-benar puas dibuatnya, walaupun harus menyisihkan uang 5000 rupiah.
Apalagi bintang tamu, X-men, tampil begitu energik, attractive dan sangat luar biasa.

Kebanyakan lagu-lagu yang dimainkan bernuansa rock, dan tidak sedikit yang bernuansa under ground (UG). Sewaktu band favorit beraliran UG main, anak-anak UG memainkan kepalanya untuk mengikuti irama, bahkan tidak sedikit yang terjun ke kolam hanya untuk menunjukkan eksistensi dari UG itu sendiri.

Sungguh menarik ulah dari penonton, mulai dari yang rela nyebur ke kolam untuk band-band favorit, dan ada pula yang bermain api, menyemburkan api. Ini juga merupakan tontonan yang sangat menarik sekali, selain aksi band yang juga sangat menarik.

Tidak hanya itu yang membuat acara MPS 5 membikin salut penonton, band bernama SERENADE benar-benar membuat penonton berdecak kagum. Bagaimana tidak, sebuah group band yang terdiri dari 2 siswa dan 2 siswi SLTP, yang rata-rata masih duduk di kelas satu, mampu memainkan musik rock dengan sangat baik. Mereka (serenade, red) membuka dengan banyolan-banyolan khas anak-anak. Justru karena kekhasan itulah yang membuat gerr penonton.

Lagu pertama dan kedua mereka memainkan lagunya Helloween yang langsung disambut tepuk tangan meriah dari penonton. Kemudian menginjak lagu yang ketiga, sang vokalis meminta ijin dengan gaya khas anak kecil,"Mas, selanjutnya lagu kalem aja ya !" Dan mereka memainkan lagu dari Mr.Big, just take my heart, dan ditutup dengan bad name dari Bon Jovi.

Tidak hanya penampilan dari Serenade saja yang membuat gerr penonton, Mekarsari Gerhana Asmara juga mampu membuat gerr penonton. Kali ini lagu-lagu yang ditampilkan sangat unik didukung dengan kostum, terutama 2 vokalis-nya, dan aksi panggung yang juga sangat unik. Salah satu vokalis mengenakan stocking ketat warna hitam, dan gaya rambut mirip anggota group naif. Di atas panggung ia menunjukkan kebolehannya menari ala Michael Jackson.

Lagu pertama mereka mengadakan perombakan sedikit pada syair lagu Safari, salah satu acara di TVRI. Walaupun lagu tersebut sangat sederhana dan syairnya juga sangat sedikit, tapi penampilan mereka patut diacungi jempol. Kemudian lagu kedua mereka memainkan lagu iklan Ponds dilanjutkan dengan lagu wajib belajar. Di tengah-tengah lagu yang dimainkan, salah satu vokalis,yang menggunakan stocking, menarik celananya dan menunjukkan, maaf, pantatnya kepada penonton. langsung saja disambut gerr oleh penonton. Penampilan Mekarsari Gerhana Asmara ditutup dengan lagu singkong keju, yang pernah ngetop di tahun 80-an.

Sudah dipastikan bintang tamu, X Men, ditunggu-tunggu oleh penonton yang memadati sekitar kolam cinta ITS. Kemarin (16/02/02), X Men tampil sekitar pukul 23.15. Dengan satu vokalis cewek dan dua vokalis cowok mereka berhasil membuat hanyut penonton. Lagu-lagu Top 40 yang mereka mainkan disambut sangat baik oleh mereka (penonton, red).

Tidak hanya lagu bule saja yang mereka mainkan, tapi lagu Indonesia yang saat ini yang ngetrend juga tak luput dari permainan mereka. 14 lagu mereka mainkan pada malam MPS 5, dan kesemuanya mendapat sambutan luar biasa dari penonton. Ada apa dengan cinta, sound track film Indonesia yang saat ini diputar di bioskop-bioskop dan mempunyai judul yang sama, mendapat sambutan yang sangat luar biasa. (yud/rif)

Berita Terkait