ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
15 Maret 2005, 12:03

MERUBAH PARADIGMA MEMBACA DAN MENULIS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menginjak di awal semester genap, perlu ada suatu proses perubahan pada diri mahasiswa. Mungkin salah satu parameternya bisa terlihat dari hasil UAS semester kemarin. Jika hasilnya kurang begitu memuaskan, maka perlu adanya strategi yang lebih baik lagi. Kiat itu tidak lain dengan hanya merubah pola belajar, yakni meningkatkan konsentrasi dalam membaca mata kuliah. Namun dalam menunjang perubahan pola belajar ini, penting merubah kebiasaan dari diri mahasiswa sendiri.

Kiat-kiat ini terangkai dalam bedah buku "Andai Buku Sepotong Pizza" hasil buah pikiran Hernowo, yang diselenggarakan oleh Hima Tektro ITS dengan pihak Perpustakaan Pusat ITS, Selasa (4/2) kemarin. Kegiatan ini terselenggara untuk meningkatkan minat baca dan tulis buku. Meskipun dalam kesempatan ini sang penulis berhalangan hadir. Meskipun begitu animo peserta bedah buku ini cukup banyak. Dan sebagai pembedah yakni Prof. Dr. I Nyoman Sutantra, Msc, Phd.

Menurut Nyoman Sutantra, "Budaya yang melekat di masyarakat Indonesia yang masih kurang akrab dengan baca dan tulis harus dirubah." Agar terhindar dari kebiasan tersebut maka disiasati dengan lebih memaknai maksud isi buku yang akan dibaca. Kiat-kiat mengenai menumbuhkan budaya baca buku dapat pula ditemukan dalam buku "Seven Habbits".

"Cukup dengan baca buku saja dapat merubah paradigma baru," harap Dosen Teknik Mesin ini. Menurutnya bukan hal yang baru lagi, kalau dengan membiasakan diri rajin membaca buku selama setengah jam saja dalam sehari akan mampu menyerap ilmu yang terkandung dalam buku. Jika ketika membaca menggunakan perasaan hati yang ringan dan menyenangkan.

Kalau dalam diri mahasiswa sudah terpola rajin baca, maka harus diimbangi dengan kecerdasan angka, gambar, tubuh, musik, diri dan kecerdasan alam serta kata dalam setiap kemampuannya . "Tidak lain, untuk membangkitkan dan mengembangkan kecerdasan kata (Word Smart) bagi paradigma mendatang," pungkas Nyoman dengan datar. (mut/rom)

Berita Terkait